IUD KB SPIRAL

January 10, 2009 at 3:55 am 39 comments

Pertama kali menulis… menulis KB IUD.

Istilah KB Spiral untuk KB IUD sebenarnya tidak terlalu tepat, karena IUD (Intra Uterine Device) jaman sekarang bentuknya macam-macam, istilahnya ada copper T, Nova T, Mirena…

Intinya adalah alat kontrasepsi dengan dimasukkan atau ditanam dalam rahim. Ada 2 macam IUD ada yang hormonal (ditambahkan hormon progesteron) dan non hormonal.

Yang namanya alat kontrasepsi tetap tidak ada yang 100% mampu mencegah kehamilan, bahkan dengan steril dengan dipotong pun masih ada resiko hamil (apalagi diikat). Kembali ke IUD, kata pabrikan alat ini bisa mencegah kehamilan hingga 99%. Wahh aman ya? Eit tunggu dulu, siapa yang bisa menjamin kita tidak termasuk yang satu persen yang hamil? 99% berarti dari 100 pemakai ada 1 yang hamil?!

Alat KB ini alternatif bagi calon peserta KB yang menghindari cara berKB dengan memasukkan hormon dalam tubuh, terutama IUD non-hormonal.

BAGAIMANA KALAU TERJADI KEHAMILAN??
Segera Konsultasikan kepada dokter atau bidan terdekat. Prinsipnya bisa diketahui terjadi kehamilan alat ini bisa dicabut dengan resiko keguguran, atau bisa juga tetap tertanam dalam rahim. Dia akan keluar sendiri pada waktu di janin lahir. Untuk pastinya segera konsultasi jika terjadi kehamilan.

About these ads

Entry filed under: KB. Tags: .

Hello world! BILA ANAK DEMAM

39 Comments Add your own

  • 1. IbuAnakku  |  June 15, 2009 at 1:58 am

    Bu, saya lagi bingung nich. Saya pakai KB Spiral Nova T sejak Desember 2008. Anak saya dua, yang kecil 1 th 2 bulan. Sekarang saya hamil 6 minggu dan kata dokternya spiralnya tidak mungkin dikeluarkan karena posisi kantong bayinya berada di sudut atas spiral. Pertanyaan saya :
    1) Kalo kehamilan ini dibiarkan terus, apakah organ tubuh bayinya akan baik2 saja? Karena saya dengar dari Ibu saya bahwa anak temannya jadi tuli karena spiral tidak bisa dicabut dari rahim.
    2) Apakah mungkin saya melahirkan normal?

    Terima kasih banyak atas respon dan jawaban Bidan Sherly.

  • 2. helfitri  |  December 23, 2009 at 10:35 am

    Bu,,saya mau tanya,,u hindari hamil lagi saya gunakan KB Spiral,,pertengahan Maret’09..3 Bulan pertama sirkulasi Menstruasi saya normal,,tp setelah itu mulai bula July hingga sekarang sy tdk mens sama sekali…tp kadang hanya tanda mens itu keliatan hanya satu kali,,,itupun tdk banyak,,,dan saya merasa terjadi perubahan wajah berjerawat,,temperamen,,seperti saya pernah coba KB PIL,,saya kuatir sekali,,dg keadaan sekarang ini,,,sy merasa tidak nyaman sekali…krn sering pusing,,,saya mau bertanya bagaimana cara nya agar sy bisa mens kembali,,,tapi waktu saya konsultasi ke Dokter SPOG di lampung sy di beri Uregen u membantu melancarkan mens,,tp sy coba minum selama satu minggu g ada perubahan,,,sy dengar ceita dari teman perawat jk kondisi tdk haid akan terasa sakit jk spiralnya di lepas,,,sekiranya di bius saat melepas spiral nya mungkin kah dokternya mau ya,,,,u sarannya saya ucapkan terimaksaih

    sebaiknya anda berkonsultasi kembali ke dokter yang memberikan uregen, untuk mendapat solusi tentang siklus haid anda…. termasuk konsultasikan tentang kemungkinan melepas spiral dalam kondisi tidak haid.
    periksa juga kemungkinan apakah anda hamil? meskipun anda telah menggunakan spiral tetap ada kemungkinan hamil
    jika pun hamil, spiral tidak perlu di lepas dan tidak menganggu janin

  • 3. Dessy Chamidarti  |  January 6, 2010 at 5:27 am

    Ass..bu bidan…
    saya menggunakan spiral NOVA T sejak 24 Des 2009 lalu.
    waktu itu saya haid baru 3 hari, jadi saat pemasangannya gak terasa sakit seperti temen2 saya cerita..
    biasanya saya haid palin lama 6 hari, tapi setelah pakai spiral haid jadi lama sekitar 2 minggu lebih..tapi saya gak khawatir..kata dokter itu biasa kalo pakai spiral..
    teman saya cerita, pemasangan spiral t\yg baik itu,,,bisa kita lihat sendiri pada vagina,,apakah adakelihatan tali, tadi malam saya mencoba memeriksanya..kurang lebih 1 jam saya perhatikan..tapi saya gak liat ada tali seperti yg temen saya bilang..
    yang saya tanyakan…
    1. Apakah pemasangan spiral yg saya gunakan udah bagus?
    2. Apa efek sampingnya kalo tali nya gak kelihatan?
    Terima kasih bu Bidan…

    tali (benang) bisa saja telah dipotong pendek oleh si pemasang sehingga tidak teraba
    jika tidak ada keluhan inysa Allah bagus, koreksi juga apakah ada keluhan pihak pasangan saat berhubungan
    benang tidak kelihatan tidak ada efeksamping

  • 4. harno  |  February 16, 2010 at 6:48 am

    saat berhubungan dg istri kok terasa sakit…? apakah memang begitu rasanya bila istri pakai spiral atau memang kurang pas cara pemasangannya sehingga menimbulkan rasa sakit…?

    bila ada keluhan lakukan kontrol

  • 5. iyas  |  March 18, 2010 at 8:15 am

    buu,,saya ho tanya kenapa iud dapat menyebabkan menorrhagia

    bisa. walau bagaimana pun IUD adalah benda asing dalam rahim

  • 6. Astika  |  March 25, 2010 at 7:31 am

    Met kenal…
    Aku mau tanya… sekarang aku lagi pake kb spiral udah 2 bulan ini, bulan kemarin haidku lancar tapi kok bulan ini aq belum haid dan dah telat 10 hari?? sudah aq test tapi hasil nya negatif.
    Apakah ada pengaruhnya dengan pijat? 3 minggu yang lalu aq pijat rahim, rahimnya di naikin kata tukang pijatnya..
    Terima kasih bu bidan

    asal negatif berarti tidak masalah. lalukan tes kehamilan kira-kira 2 minggu sambil berkonsultasi dengan dokter/USG.
    menurut saya, bagi pemakai IUD sebaiknya menghindari pijat rahim
    pijat rahim dapat menyebab spiral pindah posisi sehingga tidak pada tempat yang semestinya
    CMIIW

  • 7. nofia  |  April 9, 2010 at 3:18 am

    saya baru2 mggu kb spiral..waktu dpasang kb setelah beres mens..tp setelah dipasang saya seperti mens lagi hampir 2 minggu blm beres..itu kenapa ya ?ada efek sampingnya gk ya..soalnya kondisibadan saya sih alhmdlh baik2 aja cuma yaitu tadi saya seperti mens dah hampir 2 minggu…trmks penjelasannya.

  • 8. Vanie  |  April 25, 2010 at 1:46 am

    Bu sy mau tny,
    sy sdh pakai kb spiral 6 bln yg lalu, bulan lalu mens sy hny berupa bercak2 merah dan sdkt., tp bulan ini sudah lebih dari 3 minggu. Apa itu berarti sy tidak cocok memakai kb spiral ? Apa hrs dilepas ?

    memasang spiral = memasang benda asing
    reaksi tubuh terhadap benda asing berbeda2
    bila terjadi keluhan silakan dikonsultasikan dengan bidan/dokter

  • 9. Rani  |  April 26, 2010 at 5:42 am

    Dok sy mau tanya,sy sdh 4thn pki spiral Nova T,tp ditahun ke 3 suami sering mengeluh sakit di ujung kelaminnya,apakah itu krn terkena benangny,pdhl sy srg kontrol tiap 3bln skl dan dokterny blg letak spiralny bgs,sy mhn pnjlsn dok knp spiral bs bikin skt di penis? Trmksh

    bisa jadi begitu
    setiap pemakaian alat kontrasepsi memang perlu diperiksakan apakah ada kelainan
    untuk lebih jelas silakan dikonsultasikan dengan dokter/bidan yang memasang

  • 10. Early Teja  |  May 10, 2010 at 6:26 am

    Bu bidan,

    sy sejak melahirkan sampai sekarang (hampir 3 thn) selalu menggunakan pil kb microgynon, dan baru2 ini aja ganti merk yasmin. efek samping yg sy rasakan adl pusing2 tiap hari,smp2 sy rutin minum bodrex extra tiap hari. apakah aman bu minum bodrex terus? apa sy hrs ganti cara kb spy tdk pusing2 lg?
    thx atas penjelasannya..

    efeksamping dari tiap alat kontrasepsi berbeda2..
    jika ada keluhan yang sangat menganggu, ada baiknya anda pikirkan untuk menggunakan alat kontrasepsi lain yang lebih cocok.
    sebaiknya konsultasikan dengan bidan/dokter anda
    pemakaian obat penghilang rasa nyeri tiap hari sangat saya tidak sarankan. pemakaian paracetamol tiap hari dalam jangka yang relatif lama dapat beresiko kerusakan ginjal, dan efek samping lain.

  • 11. hariati  |  May 11, 2010 at 4:32 am

    Ass Bu Bidan..
    saya memakai spiral bu bidan tp sdh 11 hari ini saya telat dtng bulan knp y Bu?
    saya sdh 2x testpack dan hasilnya negatif, saya jg sudah minum obat dr bidan untuk memperlancar haid tp kok smp saat ini blm dtng jg y? saya pernah konsul ke Bidan menurutnya efek obat yg sy mimun setelah 2minggu baru akan muncul,mhon infonya Bu?

    obat yang diberikan hanya berupa hormon
    saya rasa tidak ada yang perlu dikhawatirkan ibu
    jika masih belum datang bulan juga coba lakukan tes kehamilan lagi

  • 12. iis  |  May 19, 2010 at 2:37 pm

    bu saya setahun lalu pasang iud di bidan setelah 3hari pemasangan katanya bagus,sampai saat ini saya belum kontrol lagi.apakah mungkin bisa terjadi kehamilan.tks

    memang sebaiknya di kontrol
    tetapi jika tidak ada keluhan biasanya bagus
    apakah terjadi kehamilan? semua alat kontrasepsi dirancang untuk mencegah kehamilan
    tetapi tetap masih bisa terjadi kehamilan (nol koma sekian persen)

  • 13. ade  |  May 26, 2010 at 6:46 am

    bu, saya mau tanya saya sdh 2 bln menggunakan spiral tp knp ya
    sy sering merasakan geli2x d dlm vagina dan nyeri(pegal) dpinggang & ada lendir keluar seperti ingus????
    sy sdh periksa k bidan lalu di berikan amoxilin sdngkan sy sdng ASI exc. aman kah amoxilin bagi ASI sy?????

    sebaiknya anda kembali ke bidan/dokter tempat anda masang IUD dulu
    konsultasikan keluhan anda
    jika masih belum puas anda bisa ke dokter lain untuk mendapatkan “second opinion”

  • 14. yuni  |  June 23, 2010 at 7:41 am

    kpn waktu paling tepat pemasangan spiral?????????????

    saat pemasangan yang bagus pada saat haid
    kira2 udah mau selesai haid (2 hari sebelum selesai haid)
    krn saat itu pintu leher rahim terbuka, sehingga saat dipasang tidak menimbulkan sakit
    konsultasikan dengan dokter atau bidan sebelum dipasang

  • 15. lely  |  June 27, 2010 at 11:48 am

    Ass. bu..saya mau tanya, minggu lalu saya berniat pasang spiral. waktu itu saya sedang haid baru 2 hari. saya berani pasang soalnya waktu anak pertama saya pakai spiral juga. tapi pas mau di pasang sama bidannya gak bisa, katanya mulut rahimnya terlalu rapet, jadi belum bisa dipasang. saya disuruh kembali lagi bulan depan. mohon infonya bu, trims

    memang memasang spiral biasanya dilakukan pada saat haid
    krn saat itulah mulut rahim dalam keadaan terbuka
    dalam keadaan tertutup, anda bisa kesakitan jika dipaksakan
    saran saya, untuk sementara lakukanlah kb dengan alat kontrasepsi lain sebelum spiral terpasang

  • 16. mommy_jasmine  |  July 6, 2010 at 11:17 pm

    Ass bu, sya mo tanya..Kb spiral apa ya yg pling bgus & aman? krn adanya bbrpa jnis kb spiral yg dtawarkan membuat sya agak bingung u menentukan.
    Trs soal pemasangannya, sbaiknya talinya itu disisakan/digunting?
    Sya msh agak tkut,apakah nantinya bs mengganggu pd saat berhbungan dgn suami?Trims

  • 17. rara  |  July 13, 2010 at 1:41 pm

    u saya mau tanya udh 8 bln yg lalu saya pasang kb spiral..lalu kenapa ya saya mengalami keputihan yang kental seperti ingus…apakah itu efek samping dari kb spiral…dan bagaimana solusinya….thx…

  • 18. mince jasmieun  |  July 14, 2010 at 3:20 pm

    bu maaf aku mau tanya kapankah kita bisa memulai hubungan setelah kb spiral ?

    ya setelah terpasang :)
    sebaiknya 2 minggu setelah terpasang
    lakukan kontrol jika ada keluhan

  • 19. wahyu  |  July 15, 2010 at 4:46 pm

    Bu Bidan
    Mau nanya, apakah efek pakai spiral bisa menimbulkan rasa sakit saat berhubungan akibat posisi spiral yang berubah/tidak pada tempatnya?

    bisa saja pak
    jika ada masalah sebaiknya kembali ke bidan/dokter yang memasang

  • 20. anti  |  July 25, 2010 at 4:53 am

    Ass,
    bu bidan mau tanya, sy kan baru habis melahirkan anak kedua 2 bln yg lalu. saya rencana pasang kb spiral tapi sampe skrg saya blm dapat haid karna saya program ASI eksklusif. kapan kira2 waktu yg tepat untuk saya pasang spiral? setahun yg lalu setalah melahirkan anak pertama, saya pake kb Alami (MAL). tapi setelah 6 bulan asi eklusif, saya hamil lagi.

    ASI eksklusif tidak otomatis membuat anda tidak haid
    gunakan alat kontrasepsi lain (kondom)
    jika haid datang lakukan pemasangan spiral (jangan menunggu selesai haid)
    lakukan hari ke 2-3 haid

  • 21. eppy  |  July 31, 2010 at 1:15 pm

    Aslm,
    Bu…. kalo Kb dg cara diikat itu seperti apa?? dan kira2 biayanya berapa ya…..??

    diikat? kaya bayam dung…
    mungkin maksud ibu tubektomi
    biasanya dilakukan operasi kecil
    biayanya? mmmm… saya tidak bisa jawab nih
    coba ibu tanyakan ke puskesmas terdekat…

  • 22. wulansari  |  March 19, 2011 at 2:42 am

    asskum,,, bu. bidan tolong penjelasan dari kpntrasepsi IUD lebih diperjelas lgi y…. misalnya definisi, krugianx, kuntunganx, dll key trima kciiiiii wsslam.

  • 23. endah  |  April 3, 2011 at 11:40 am

    bu mo tanya dung hr ke 30 pasca melahirkan sy pasang spiral,setelah it sy nifas smp 60 hr lebih apakah itu normal?

  • 24. BEIB  |  April 11, 2011 at 1:10 am

    bu sy bru 5 hr pakai kb nova T.habis pemasangan IUD sy langsung berhubungan dgn suami.gmna bu apakakah berbahaya?krn skrg di pinggul sy terasa agak nyeri.dan sampai saat ini sy belum sempat periksa lagi ke dokter.mohon jawabannya bu bidan.

    Biasanya waktu u mngevaluasi u dpt berhubungan adl +/- 2mgg,dmn rahim telah menyesuaikn dgn benda asing yg ditubuh kita(IUD),sebaikx anda check kembali kandungan anda.

  • 25. hendayani  |  May 11, 2011 at 3:32 am

    ass..bu bidan sya mau tnya ,,saya kan lum perna hamil dan lum pngen punya anak apa bisa psng spiral…?
    efek nya apa nantinya..?? dan sya apa bilng dtng mens terasa sakit bget d bgian perut..dan bl dtng bulnnya juga eg teratur kadang cpat kadng lama..
    terima ksi bu..

  • 26. Dwiyanto  |  May 30, 2011 at 9:44 am

    Bu, saya mau tanya, selama ini istri sy KB suntik per 3bln, namun kondisi tubuhnya semakin gemuk saja, kepingin pindah ke spiral banyak komentar yg bikin sy dan istri takut.
    Nah seharusnya KB yg paling baik pake alat kontrasepsi apa ??, … dan kalo boleh tau Alat kontrasespsi yg ibu Bidan Sherly pilih (dianggap ibu Sherly aman) apa ??? …
    tlg penjelasannya ,…. kalo bisa kirim via email jg… terima kasih.

    saya menggunakan spiral pak
    karena ini alat kontraseptif non hormonal
    alat yang lain pun relatif aman

  • 27. Anggi  |  June 28, 2011 at 7:04 am

    Salam kenal Dokter…
    Dok saya ingin bertanya apakah setelah pakai sepiral kita bisa benar-benar terhindar dari resiko kehamilan? terus terang saja saya baru 1 bulan berkumpul dengan suami karena sebelumnya suami saya bekerja di luar kota, dan kami sering melakukan hubungan suami istri bahkan hampir tiap hari. ditunggu jawabannya Dokter…. tq

    tidak ada alat kontrasepsi yang bisa 100% menghidarkan dari resiko kehamilan

  • 28. yasmin  |  July 1, 2011 at 8:03 am

    sy uda 2thn 2bln pkai KB spiral,baru ini tiba2 KB spiral sy keluar sendiri memang selama 2 thn ini sy ga pernah periksa.

    sebaiknya cepat periksakan

  • 29. ledi  |  July 6, 2011 at 6:55 am

    bu,saya pasang iud sdh hampir 5 tahun dan sdh waktunya dicabut katanya hrs secepatnya, krn akhir2 ini setiap habis berhubungan saya selalu mengeluarkan bercak darah kecoklatan, padahal sblmnya tdk pernah. apa benar itu krn memang sdh wktunya dicabut? lalu bolehkah saya pasang kembali

    bisa jadi
    secepatnya diperiksakan

  • 30. bi  |  July 14, 2011 at 12:53 pm

    bu, saya psng kb spiral 1 bulan yg lalu, 1 minggu stlh psng sy kontrol hsilnya bagus. setelah itu tiap saya berhubungan miss v sy sakit, kering dan mengeluarkan darah. apakah saya tidak cocok memakai kb itu?

    sebaiknya kembali ke tempat ibu memasang, berutahukan ttg keluhan ibu supaya bs cepat ditangani

  • 31. cristin  |  October 23, 2013 at 3:23 am

    slm kenal.ibu bidan sy mau tanya,skrg sy udah KB Spiral 1 thn,tp sy sering merasakan ad yg menganjal dbgian pert saya,apa it egak papa?????

  • 32. Erna  |  November 4, 2013 at 4:50 am

    Selamat Siang Bu,

    Perekenalkan nama saya erna,saya sudah memaki spiral hampir 5 tahun,yang saya ingin tanyakan sudah hampir 1 bulan saya belum mendapatkan haid,biasanya setiap tanggal 27 saya mendapatkan haid,tp bulan ini saya belum haid.yang saya ingin tanyakan apakah kemungkinan saya hamil atau bagaimana?? apakah bisa KB spiral dilepas dengan bidan lain,dikarenakan bidan yang saya pasang sekarang sudah sangat tua.mohon penjelasannya bu.

    Terimakasih.

  • 33. tharymuanizt  |  November 29, 2013 at 10:22 am

    bu d0ktr sy mau tnya,,? apa klau mau lepas spiral hrus oprasi atau cma pkek tngan bu,trima ksih,

  • 34. devi  |  December 18, 2013 at 3:26 am

    Saya udah 4,5tahun pakai kb spiral.tapi dari bulan november sampai sekarang saya gak ada datang bulan.yang ingin saya tanyakan apakah saya hamil?

  • 35. achie  |  January 21, 2014 at 3:44 pm

    Buk, brrt efek kb iud itu memang
    Mengeluarkan bercak ya. ?

    Terus sampe kpn bercak itu selesai ?
    Tolong jwb.an nya buk :-)

  • 36. Jesnitallyn  |  February 28, 2014 at 10:37 am

    Dok met sore
    Sy mau tanya sejak sy pasang Kb IUD knp yah perut sk kram tiba2. Truuus klu haid itu darah nya bnyk bgt 1 hr bs gnti 5 x
    Dok sy pgn lepas tp takut nya sakit

  • 37. eko tunaningsih  |  April 5, 2014 at 11:45 am

    kalau dibiarkan tetap tertanam apa ga membahayakan perkembangan janin tuh?

  • 38. T.rosmaya cindey  |  May 8, 2014 at 2:20 pm

    DOK, SAYA MAU TANYA. KENAPA SETELAH SAYA PASANG KB IUD, HAID SAYA LAMA HABISNYA. LEBIH DARI 2 MINGGU?

  • 39. sofiapriyanti  |  August 12, 2014 at 9:55 am

    dok,saya mau tanya
    saya pakai KB spiral sudah hampir 4tahun,biasanya menstruasi lancar.tapi kenapa dari bulan juli samapai agustus ini saya belum menstruasi ya dok?saya sudah testpek hasilnya Negatif dok..menurut dokter kenapa ya sampai sekarang saya belum menstruasi juga..
    tolong di jawab ya dok..
    Trimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Cara Aman Memasak dengan Gas


Blog Ayahnya Anak2

January 2009
M T W T F S S
    Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 50 other followers

%d bloggers like this: