Siklus Menstruasi dan Masa Subur Wanita

April 7, 2009 at 12:34 am 52 comments

Apa itu masa subur?

Masa subur adalah masa dimana tersedia sel telur yang siap untuk dibuahi. Masa subur berkaitan erat dengan menstruasi dan siklus menstruasi. Masa subur ditandai oleh kenaikan Luteinizing Hormone (LH), Follicle Stimulating Hormone (FSH) dan estrogen. Selain itu siklus juga dipengaruhi oleh kondisi psikis si wanita jadi, bisa maju atau mundur. Untuk itu pemahaman mengenai bagaimana terjadinya menstruasi dan bagaimana siklus menstruasi itu perlu dipahami kaum hawa secara rinci.

Dengan mengetahui kapan masa subur dan masa tidak subur maka, seseorang dapat mengembil keputusan untuk hamil atau untuk tidak hamil.

Menstruasi dan Siklus Menstruasi

Menstruasi adalah pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan terjadi secara berulang setiap bulan kecuali pada saat kehamilan. Menstruasi yang berulang setiap bulan tersebut akhirnya membentuk siklus menstruasi. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid sampai tepat satu hari pertama haid bulan berikutnya. Siklus menstruasi berkisar antara 21-40 hari hanya sekitar 10-15 persen wanita yang memiliki siklus 28 hari.

Menstruasi yang pertama kali disebut menarke paling sering terjadi pada usia 11 tahun tetapi bisa juga terjadi pada usia 8 atau 16 tahun Menstruasi merupakan pertanda masa reproduktif pada kehidupan seorang wanita yang dimulai dari menarke sampai terjadinya menopause

Pada awalnya, siklus mungkin tidak teratur. Jarak antara dua siklus bisa berlangsung selama 2 bulan atau dalam 1 bulan mungkin terjadi 2 siklus. Hal ini adalah normal, setelah beberapa lama siklus akan kembali teratur.

Untuk menghitung siklus menstruasi bisa dilakukan dengan membuat catatan pada kalender. Silanglah setiap hari pertama haid, hitung jumlah hari dari hari yang disilang sampai hari yang disilang pada bulan berikutnya. Dengan demikian pola siklus Anda dapat diketahui. Hal ini sangat berguna untuk menentukan kapan masa subur dan ovulasi terjadi.

Setiap bulan, setelah hari ke-5 dari siklus menstruasi, endometrium mulai tumbuh dan menebal sebagai persiapan terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan.

Sekitar hari ke-14, terjadi pelepasan telur dari ovarium (ovulasi) . Sel telur ini masuk dalam salah satu saluran falopian dan jika pada saat ini terdapat sperma yang masuk maka terjadilah pembuahan. Jika terjadi pembuahan sel telur yang telah dibuahi tersebut akan masuk kedalam rahim dan mulai tumbuh menjadi janin.

Pada sekitar hari ke-28, jika tidak terjadi pembuahan, maka endometrium akan meluruh dan terjadilah siklus menstruasi berikutnya, Menstruasi bisa berlangsung selama 3-5 hari, kadang hingga 7 hari. Proses pertumbuhan dan penebalan endometrium kemudian dimulai lagi pada siklus berikutnya.

>>>>> .:sumber:.

Entry filed under: Seputar Wanita. Tags: , , , , , , .

SUPAYA SUBUR DAN CEPAT HAMIL Bagaimana Caranya Agar Cepat Hamil?

52 Comments Add your own

  • 1. dwi  |  November 3, 2009 at 1:09 pm

    berapa hari masa subur pada wanita dan berapa lama bertahannya sperma sampai pembuahan

  • 2. anita  |  February 10, 2010 at 2:56 pm

    saya mau tanya,bila siklus nya 21 hari.maka kapan masa suburnya?

    untuk gampangnya 3-4 hari setelah haid

  • 3. gina iznia ramdani  |  March 31, 2010 at 9:29 am

    saya mau tanya klo kalo sya siklus haid nya jarang ttap,, dan sllu cepet, (maju), contoh,, bln feb 4 mulai haid, tgl 2 maret haid lagi,, kira2, masa suburnya saya kpan ya? dan cara penghitungan masa subur itu bgmn? smggu stlh haid To smggu sblm haid,, mohon djlskan ya. mksh sblmnya

    untuk lebih mudahnya kira-kira 3-4 hari setelah haid

  • 4. olla  |  April 24, 2010 at 5:50 pm

    sy mau tny, udah 2 bln ini jarang ttap(kadang maju atau sebaliknya). bln maret dpt mens tgl 2 trs bln april dpt mens tgl 4.
    kira2 masa suburnya kpn y?

    kira-kira 3/4 hari setelah haid

  • 5. firda  |  April 28, 2010 at 4:21 am

    sy jrg haid,tp 3 bln lalu sy mulai lncr haid,tp bln april ini sy tdk haid lagi dan kbtlan 5 bln lalu sy nkh, tp sy tes tdk hamil.lalu apa yg terjadi dg sy?trmksh unt jwbannya

    banyak hal yang mempengaruhi siklus haid
    kondisi psikologis juga bisa mepengaruhi loh bu

  • 6. mety  |  May 8, 2010 at 3:26 am

    sy bln april mens tgl 6 trus sampai skrg sy blm mens,klau di htg 28 hr berarti sy skrg trlbt 5hr . apakah ini sdh bs di test pack,sdgkan payudara terasa nyeri sprt mau mens. apakah payurara nyeri jg terasa di saat hml muda?saya sdh menikah 8 thn blm punya baby

    coba di tes kehamilan saja untuk memastikan
    semoga cepet dapat momongan..

  • 7. tya  |  May 13, 2010 at 4:57 am

    Saya mau tanya soal cara menghitung siklus menstruasi. Soalnya dari pertama haid hingga sekarang masih belum terarur . kadang maju dn kadang mundur. Bulan April kemarin menstruasi tanggal 9 tp bln Mei ini jadi tgl 11. apakah menstruasi saya normnal? Makasih

    siklus haid wanita berkisar 21-40 hari
    siklus anda bisa dikategorikan normal
    semoga membantu

  • 8. riani  |  May 15, 2010 at 8:29 am

    saya mo tanya.siklus haid saya feb tgl 2, mar tgl 11, aprl tgl 16 dan tgl 1-2 mei melakukan ML, saya coba tes kehamilan pake tespack tgl 8,13 dan 15 Mei hasil negatif. apa kmgkinan hasil td akurat? dan apa siklus haid saya itu normal…mohon jawabannya..trimakasih

    saran saya lakukan test urin lagi kira2 2-3mgg lagi

  • 9. nina  |  May 19, 2010 at 1:28 am

    saya mau tanya, saya mens tgl 25 april dan berakhir tgl 30 april kemudian saya melakukan hub tanggal 1 mei…apakah ada kemungkinan saya hamil?

    bisa

  • 10. koesno  |  May 23, 2010 at 4:05 pm

    begini,..pil KB itu kan komposisinya hormon estrogen atau progesteron saja atau keduanya, dalam mencegah kehamilan h. estrogen berperan menghambat ovulasi sedangkan h. progesteron berperan meningkatkan kepekatan lendir di mulut servik sehingga sperma tidak bisa masuk ke rahim. Pertanyaannya adalah bagaimana h.estrogen menghambat ovulasi, apa mempengaruhi LH dan FSH atau gimana…? tolllong bu penjelasannya….trimakasih

    wah… begini nih klu yang nanya praktisi kesehatan
    dari referensi yang saya tahu, hormon strogren memiliki kemampuan menghambat ovulasi karena mempunyai kemampuan untuk menghambat LH dan FSH
    demikian
    cmiiw

  • 11. zuqet  |  May 26, 2010 at 8:28 am

    mau tanya mbk..
    saya sudah baca banyak banget artikel2x tentang masa subur..tapi kenapa tetep bingung ya?? saya baru menikah 3 bulan ini dan masih belum hamil. pengen banget cepet hamil tapi bingung ngitung masa subur..biasanya masa mestruasi saya 7-10 hari. bukan siklus ini ya..tapi hitungan dari mens hari pertama sampai hari terakhir. kalau dari ini kira2x masa subur saya berapa hari setelah harri terakhir mestruasi saya ya?? terimakasih…

    supaya lebih gampang ngitungnya
    masa subur 3-4 hari setelah haid
    saya sarankan jangan terlalu risau dengan “masa subur”
    tenangkan diri anda
    saya juga dulu 4 bulan manikah baru hamil

  • 12. putri  |  May 27, 2010 at 10:14 am

    ini tgl ktka sya haid,tp kug ga teratur,,kira2 sbnarnya siklus haid saya brapa hri?
    juli tgl 19
    agustus tgl 10
    sebtember tgl 9
    oktober tgl 4
    nofenber tgl 4
    desember tgl 5

    anda termasuk rajin mencatat hari haid
    bagus. teruskan, suatu saat akan berguna ketika anda hamil
    haid anda tidak masalah, cenderung maju..
    tidak perlu dikhawatirkan mbak

  • 13. lita  |  June 2, 2010 at 8:19 am

    Mbak, siklus setelah menikah saya kok 24-32 hari ya. kenapa kira2 apakah perlu tes hormon? kl haid tdk pernah sakit sih. thanks

    mbak lita yang cantik.. siklus 24-32 juga masih normal kok..
    tidak perlu di khawatirkan..
    yang lebih penting malah mencatat tanggal haid… supaya jika terjadi kehamilan mudah untuk menghitung hari perkiraan lahir

  • 14. arief  |  June 3, 2010 at 3:08 am

    tampilkan materi yang lebih educative lagi…………………….

  • 15. sisca  |  June 10, 2010 at 4:20 am

    mau tanya neh, mens sy terakhir tgl 13 mei 2010 skrng sdh tanggal 10 juni 2010 apakan saya sdh hamil??? tp sekarang sering mual2. tq
    mbak sisca

    terlambat mens hanya salah satu tanda wanita hamil
    mual2 juga tanda juga
    tapi untuk memastikan anda hamil atau tidak silakan lakukan test kehamilan
    test kehamilan bisa dibeli bebas di apotik2
    tapi jika kesulitan membaca hasilnya silakan menghubungi bidan atau dokter

  • 16. Roni  |  June 24, 2010 at 6:32 am

    Istri saya mennya tanggal 19 juni, kapankah masa suburnya?tolng dibls di email ini aja. Terima kasih

  • 17. inneke  |  June 26, 2010 at 2:38 am

    sis saya mau tanya , saya terakhir mens tgl 8 mei 2010 tp sampai sekarang ( tgl 26 juni 2010) belum mens lagi.apakah saya hamil auat tidak ??karena sebelumya siklus mens saya tdk teratur sebelum mens tgl 8 mei 2010, tgl 24 maret jd kl di hitung silkus mens saya 45 hari apakah normal ??

    thanks untuk jawabannya

    tidak mens memang salah satu tanda anda hamil, tetapi belum tentu
    untuk meyakinkan sebaiknya lakukan tes kehamilan
    tes kehamilan bisa dibeli bebas di apotik,
    jika tidak yakin kunjungi bidan atau dokter

  • 18. hany  |  July 6, 2010 at 7:09 am

    mau nanya dong mbak……………..
    terakhir saya mens tgl 28 Mei 2010 sampai dgn sekarang 8 juli 2010 saya belum mens lg…………….apa keterlambatan saya kemungkinan hamil? udah saya testpack 2x………yg pertama tgl 2 Juli hasilnya negatif………..yg ke 2 tgl 7 juli jg negatif…………terakhir saya ML 2 Juli ’10……………….thanks ya atas jawabannya.

    testpack saat ini sarana paling mudah untuk mendeteksi kehamilan
    jika masih ragu bisa di test lagi
    terlambat mens tidak bisa dijadikan patokan bahwa anda hamil

  • 19. DILA  |  July 6, 2010 at 8:03 am

    mbak bisa dijelas”n tentang masa subur? terakhir saya menstruasi 25 Juni ’10, masa subur saya kapan ya?

    kira2 2-3 hari stlh mens
    28 juni

  • 20. intania  |  July 7, 2010 at 5:50 pm

    sis mo ikutan tanya dunkz…pada bulan mei saya mens tgl.18’10 kemudian pada bulan juni saya mens tgl.11’10…mens saya tidak teratur setelah kehamilan pertama siklus berubah mensnya hanya 3 hari/4 hari,pada bulan juli kira2 saya mendapatkan mens tgl. berapa?setelah mens bulan juni saya berhubungan pada tgl.21 apakah saya bisa hamil atau tidak?

    maaf saya agak kurang mengrti pertanyaannya meski ud baca beberapa kali
    xixixi maaf ya sis
    baiklah saya jawab sepemahaman saya aja
    dilihat dari tanggal mens bulan sebelumnya, anda cenderung maju
    jadi bulan juli bisa jadi lebih awal (awal bulan)
    tapi klu memang tidak teratur ya tentu saja tidak bisa diperkirakan
    hubungan pada tanggal tersebut bisa saja terjadi kehamilan
    thx

  • 21. rahayu  |  July 16, 2010 at 8:38 am

    saya mau tanya,saya baru punya baby umur 5 bln, 40 hr stlh mlahirkan ,masa nifas saya habis,dan bln brktnya saya mengalami mens spt sblm hamil. hari pertama trahir mens bln juni tgl 12 juni, trahir ML,tgl 1,2,4 juli kmrn,yg pgn saya tanya,mkn ga saya hamil?saya ga brani liat tespack.mksh

    mungkin saja
    sebaiknya lakukan testpack untuk memastikan
    untuk kasus ini, ibu2 yang belum ingin momongan dalam jarak yang dekat
    saya sarankan lakukan KB sebelum masa nifas usai

  • 22. ai  |  July 20, 2010 at 5:37 am

    mbak, apakah haid yang lebih banyak berarti lebih subur? untuk meningkatkan kesuburan sebaiknya mengkonsumsi apa? ~makasih

    haid lebih banyak tidak otomatis berarti lebih subur
    untuk meningkatkan kesuburan sebaiknya anda mengkonsumsi makanan banyak mengandung vitamin.
    Kekurangan sejumlah vitamin dan mineral akan mengurangi kesuburan. Vitamin C, E dan B kompleks (terutama B6) sangat penting bagi pembentukan dan pengaturan kerja hormonal. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin dan mineral serta biji-bijan yang mengandung lemak esensial seperti kedelai, kecambah dan kacang tanah.

    Makanlah dengan pola makan seimbang dalam komposisi protein, karbohidrat dan lemaknya. Makanan yang tidak seimbang, misalnya terlalu banyak lemak, akan mengganggu keseimbangan hormonal tubuh.

    silakan baca2 artikel di blog ini pada kategori kehamilan
    klik sini:
    http://bidansherly.wordpress.com/category/kehamilan/

  • 23. winda  |  July 27, 2010 at 7:10 am

    gimana kalau baru 1 hari setelah menstruasi berakhir, trus ad sperma yang masuk, apakah ini bisa menjadi pembuahan atau hamil????
    tolong yea jawabannya………….

    bisa

  • 24. indra  |  July 28, 2010 at 7:34 am

    mbak mau tanaya…..
    saya selesai menstruasi tanggal 26 juli, trus saya ML tanggal 27, apakah saya hamil??

    bisa saja mbak
    lakukan tes kehamilan untuk memastikan

  • 25. ivon  |  July 29, 2010 at 5:43 am

    tgl Men 20 feb
    23 Mar
    21 Apr
    4 Mei
    8 Juni
    24 Juli

    Saya udh menikah 7 bln, tp blm HAMIL juga. Sy bingung klau gini kpn sy hrs ML (saat masa subur ) karena tgl Mens tidak teratur.
    MAu tny, kira2 klau dilihat dr 2 bln terakhir tgl Mens, kira2 kpn ya saya hrs ML biar bs cpet HAMIL…
    Apa bner masa subur 14 hari sebelum dan sesudah HAID?
    Trimakasih…

    gini aja bu
    biar gampang
    lakukan hubungan 1-2 hari setelah haid bersih
    lakukan dengan “suasana” yang mendukung
    itu aja saran saya
    semoga suksesssss

  • 26. indra  |  July 30, 2010 at 2:07 am

    men kapan saya harus melakukan tes kehamilan??

    biasanya dilakukan apabila bulan depan anda tidak mens

  • 27. Echa  |  August 17, 2010 at 11:48 pm

    Mau tany kalo menstruasi itu memangnya musti 21-40 hari???
    Kalo aq mensnya ganti2, kadang-kadang 3 hari kadang-kadang 7 kadang-kadang 8 hari…!! apa itu normal???

    yang ditulis adalah haid yang terjadi pd sebagian besar wanita
    ada beberapa kasus yang siklus dan lamanya haid berbeda
    lama haid 3 – 8 hari sih masih wajar
    jika msh ada keluhan silakan konsultasi dengan bidan terdekat

  • 28. sapto  |  August 18, 2010 at 5:04 am

    ibu saya mawu tanya:
    saya punya Ade perempuan dan Siklus menstrulasinya setiap 1,5 – 2 bulan sekali.,tapi mungkin tidak ada keluhan.
    yang ingin saya tnyakan adalah apakah menstrulasi dengan siklus yang lama itu Normal.
    terima kasih atas jawabannya?

    memang ada beberapa wanita yang siklus mens nya panjang

  • 29. fc  |  August 21, 2010 at 3:14 am

    sis…istri saya telat suntik kb 3hari sesudah haid, seblm suntik kb kami ada melakukn hub,bs hamil apa tdk??

    bisa
    biasanya bidan akan meminta tes kehamilan sebelum suntik lg

  • 30. opin  |  August 26, 2010 at 11:15 am

    mau nanxa ??
    # mengapa menstruasi di sebut siklus ??//

    siklus artinya berulang terus menerus
    bukankan anda mens tiap bulan?

  • 31. prayoga afnan  |  October 25, 2010 at 6:59 am

    ibu saya mau tanya klo istri sya hbis dapet trus 2 hari kmudian sya melakukan hub.suami istri trus pas waktu mens bln depan nya blm mens perhitungan tgl 24 tpi skrng udh tgl 25 apa ada kemungkinan istri sya hamil.mksh

    sehari atau dua hari menjelang memang bukan masa subur
    tapi ya mungkin saja terjadi kehamilan

  • 32. endang  |  October 25, 2010 at 1:16 pm

    sy mau tanya emba,

    1.dulu saya prnh minum air tape apakah berdampak pada kehamilan saya?,
    2.apaka janin saya masih bisa mnghsilkan keturunan ?
    3.tnggl 1 sy dtng bln tnggl 7 sy melakukan hub
    dngn suami,apaka saya bisa hamil ?

    1. maksud anda wkt hamil minum air tape? sebenarnya tidak masalah asal jangan berlebihan. sebab air tape mengandung alkohol dan soda. jika berlebihan bisa mempengaruhi janin anda
    2. sy kurang mengerti pertanyaan anda. setahu sy tape tidak menyebabkan wanita tidak bisa hamil
    3. bisa

  • 33. Afifah  |  March 24, 2011 at 5:33 am

    saya (17) mempunyai teman brumur 16 tahun, bulan ini dia mengalami keterlambatan haid, apakah penyebab keterlambatan haid..?

  • 34. Susi  |  April 8, 2011 at 7:13 am

    Mba mo tanya, sy bln januari mens tgl 12, februari tgl 15 dan bln maret sy mens 2x yaitu tgl 1 kemudian tgl 20 mens lg. Lalu sy akan mens lg bln april tgl brp? Lalu untuk penghitungan masa suburnya bgm? Trims

  • 35. erka  |  April 10, 2011 at 12:07 am

    saya mens tggl 16 maret brakhir tgl 20 saya melakukan hbngan intim tgl 26,29,5 april……..tgl brapa saya kira2 datang bulan…apa bsar kmungkinan saya untuk hamil

  • 36. rien  |  May 4, 2011 at 11:36 am

    mau tanya,,,kalo mens udah berhenti tgl 11 lalu tanggal 12 ML, tapi setelah ML kira2 8 jam kemudian keluar darah lgi..apa saiaa bisa hamil?

    bisa saja

  • 37. yeyet  |  June 12, 2011 at 9:47 pm

    mba, saya berusia 12 tahun , siklus men saya palinng lama 21 hari itu pun jarang , seringnya 14 hari, jadi terhitung 2 kali dalam satu bulan, hal ini terjadi tiap bulan. tidak ada keluhan sakit atau apapun. kenapa ya mbak?

  • 38. lika  |  June 13, 2011 at 5:50 am

    mbak saya mau nanya kmaren aku keguguran tagl 16 april tyus nifas satu bulan, tgl 13 mei aku mens berakhir tgl 24 mei, saya berhubungan juga di luar sama sekali gak di keluarin di dalem, tapi tgl 13 juni, kok aku lum dpt aku coba 5 kali testpect masih -

  • 39. Marlina Natalia  |  June 17, 2011 at 6:56 am

    mba saya marlina saya mau tanya kalo haid saya pada tanggal 11 juni trus selesai tanggal 17 masa subur saya kapan ya mba…

  • 40. lala  |  July 3, 2011 at 1:35 pm

    sist mau tanya. tgl mens sy terakhir 2 juni’11. biasanya bbrp hr sblm mens payudara membengkak, tp smpe skr kok blm ada tanda mau mens ya!! apa mungkin sy hamil???? tapi baru telat 1 hr.
    apasih tanda2 kehamilan muda??

    tanda paling mudah adalah tidak terjadi mens
    untuk memastikan gunakan tes kehamilan

  • 41. fauzan  |  July 9, 2011 at 2:11 am

    masa subur itu berapa hari setelah haid

  • 42. rahmi  |  July 27, 2011 at 6:26 am

    qqq

  • 43. rahmi  |  July 27, 2011 at 6:28 am

    mbak saya mau nanya ni, saya haid bulan ini tgl 3 dan terakhir berhubungan tanggal11,apakah ada kemungkinan untuk saya hamil.trimss….

  • 44. dea  |  December 15, 2012 at 11:26 am

    mbak..saya terakhir menstruasi tgl 13 november 2012, tapi sampek skrg tgl 15 desember 2012 belum juga menstruasi..gmna mbak ?

  • 45. Dhian  |  December 18, 2012 at 5:05 am

    mbak sya mau nnya..saya mens x tgl 1 november dan swtiap blan mens sya mju trus 5 hari.apakah itu normal dan kra2 kpan msa subur saya mbak??terima ksih untuk jwaban x

  • 46. evi  |  March 12, 2013 at 1:04 am

    saya haid tpi tidak lancar atau sedikit2,
    udh hampir 2 minggu gk selesai2
    it kenapa yah????
    saya tunggu yah jawbannya :D
    trimakasih :D

  • 47. sania  |  June 22, 2013 at 11:57 am

    Saya sekarang haid tanggal 21 juni , sya ingin cepat hamil kapan ya masa subur sya ? Dan kapan saya harus melakukn hub_an intim ?

  • 48. nia safitri  |  September 10, 2013 at 1:19 pm

    Kira-kira 4 siklus menstruasi untuk setiap individu yg berkisar antara 24-40 hari?

  • 49. Miniae  |  September 11, 2013 at 12:58 pm

    Begini mba sebelum mens terakhir saya mens bulan juni tgl 2-10 dan saya br ml tgl 26juni trs terakhir saya mens tgl 1-5 agustus dan sekarang saya telah hamil prtanyaanya apakah saya ml termasuk masih masa subur? Makasih,mini

  • 50. bebyvd  |  September 21, 2013 at 6:04 pm

    Saya mau nanya, sirklus haid saya kan ga teratur terakhir saya haid wkt itu tgl 29 juli sampai september ini baru haid lagi tanggal 15 september, nah siang di tanggal 15 september itu saya ML dengan suami apa kah saya bisa hamil??sebelumny Trima kasih

  • 51. limsi  |  November 27, 2013 at 1:16 pm

    Mbk, mau nanya siklus haid sya sjk msih perawan smpk skrg setelah mnikah tidak teratur trkdang 3 bln stelh haid bru dapat haid lgi.
    sya da mnikh slma 5 thun n lum punya ank. ap krn siklus haidx yg tdk tratur yg myebabkn sya lum hamil?
    sbelumx da priksa ke dkter kndugn n ngk ada mslh hax sja kndgn sya ukrnx agk kcil, slma minum obt dkter haid sya lncr slma 2 bln stelh itu ngk terstur lgi, sya trkhir haid buln mei tgl 5 2013 n sampai skrg lum haid lgi. penybsbx ap ya? n ap sya bisa hamil dgn siklus sprti itu?

  • 52. nina  |  February 14, 2014 at 9:39 am

    Saya mau tanya siklus haid saya 4 bulan terakhir seperti ini 28 hari, 31 hari, 30 hari, 30 hari. Apa ini terhitung haid tidak teratur atau masih haid teratur, mohon jawaban nya ya terimakasih

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Cara Aman Memasak dengan Gas


Blog Ayahnya Anak2

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 50 other followers

