Mengenali Penyakit Tifus (Kenali gejala tipus (thypus abdominal atau typhoid fever)

April 9, 2009 at 6:04 am 14 comments

Gejala awalnya perlu dikenali sebelum terlambat diobati. Selain itu, tipus kasus infeksi perut yang banyak di sini. Diawali demam lebih dari seminggu. Mulanya seperti orang mau flu. Bedanya, demam tipus umumnya muncul sore dan malam hari. Tidak disertai gejala batuk pilek. Demamnya sukar turun walau minum obat dan disertai nyeri kepala hebat. Perut terasa tidak enak, dan tidak bisa buang air beberapa hari, Demam naik teratur, bila naiknya menjelang malam, selama seminggu, akan terus seperti itu, bisa juga naiknya selalu disiang hari, malamnya agak mereda. Kenali gejala tipus (thypus abdominal atau typhoid fever) yang tergolong berat dan berbahaya.

Gejala awalnya perlu dikenali sebelum terlambat diobati. Selain itu, tipus kasus infeksi perut yang banyak di sini. Diawali demam lebih dari seminggu. Mulanya seperti orang mau flu. Bedanya, demam tipus umumnya muncul sore dan malam hari. Tidak disertai gejala batuk pilek. Demamnya sukar turun walau minum obat dan disertai nyeri kepala hebat. Perut terasa tidak enak, dan tidak bisa buang air beberapa hari, Demam naik teratur, bila naiknya menjelang malam, selama seminggu, akan terus seperti itu, bisa juga naiknya selalu disiang hari, malamnya agak mereda.

Pada paratipus – jenis tipus yang lebih ringan – mungkin sesekali mengalami buang-buang air . Jika diamati, lidah tampak berselaput putih susu, bagian tepinya merah terang. Bibir kering, dan kondisi fisik tampak lemah, serta nyata tampak sakit. Jika sudah lanjut, mungkin muncul gejala kuning, sebab pada tipus organ hati bisa membengkak seperti gejala hepatitis. Pada tipus limpa juga membengkak.

Kuman tipus tertelan lewat makanan atau minuman tercemar. Bisa jadi sumbernya dari pembawa kuman tanpa ia sendiri sakit tipus. Kuman bersarang di usus halus, lalu menggerogoti dinding usus. Usus luka, dan sewaktu-waktu tukak tipus bisa jebol, dan usus jadi bolong.

Ini komplikasi tipus yang paling ditakuti. Komplikasi tipus umumnya muncul pada minggu kedua demam. Yaitu jika mendadak suhu turun dan disangka sakitnya sudah menyembuh, namun denyut nadi meninggi, perut mulas melilit, dan pasien tampak sakit berat. Kondisi begini membutuhkan pertolongan gawat darurat, sebab isi usus yang tumpah ke rongga perut harus secepatnya dibersihkan. Untuk tahu benar kena tipus harus periksa darah. Setelah minggu pertama demam tanda positif tipus baru muncul di darah (Uji Widal).

Jika tes Widal negatif padahal pasien menunjukkan gejala tipus, tes perlu diulang sambil menunggu tes Gaal atau biakan kuman. Tanpa tes Widal diagnosis tipus tidak bisa ditegakkan hanya dari pemeriksaan fisik dan melihat gejalanya semata. Penyakit tipus mudah disembuhkan. Jika tak mempan obat konvensional golongan chloramphenicol, kini sudah ada beberapa generasi obat baru.

Haruskah Rawat Inap? Jika kondisi pasien tidak berat, dan penyakitnya masih awal, yaitu sudah didiagnosis sebelum demam lebih dari 3 minggu, umumnya masih bisa dirawat di rumah. Namun mesti diawasi jika mendadak suhuturun, nadi meninggi, dan perut mulas melilit. Makanan tak selalu harus lunak, asal jangan jenis yang merangsang. Waspadai jika buang air ada darahnya, tanda awal usus jebol, dan demamnya muncul lagi, dan kondisi pasien cepat menurun setelah sebelumnya tampak menyembuh. Tipus bisa kambuh. Tandanya, demam yang sama muncul lagi setelah mereda. Kemungkinan kuman tipusnya tersasar ke kandung empedu. Tipus begini biasanya lebih sukar disembuhkan. Sebagian dari kasus tipus menjadi pembawa kuman tipus.

Pembawa kuman ini berbahaya jika profesinya pramusaji atau orang yang kerjanya menyiapkan makanan dan minuman jajanan (food handler). Sekarang tipus bisa dicegah dengan imunitas tipus. Penyakit tipus di Indonesia masih banyak. Mereka yang punya risiko tertular, tidak salahnya ikut vaksinasi.

sumber : .:anakku:.

About these ads

Entry filed under: ANAK SAKIT, awas penyakit. Tags: , , , .

Jika Anak Diare Masalah Biang Keringat

14 Comments Add your own

  • 1. suyanti  |  September 21, 2009 at 10:49 am

    thanks atas infonya. bu, saya minta izin alamat web nya mau saya cantumkan untuk daftar pustaka halaman yang saya buat untuk info kesehatan ya. terima kasih.

  • 2. en sr wa  |  October 19, 2009 at 4:18 am

    Asskum…
    ibu boleh minta tentang penyakit tifus abdominalis pada kehamilan dan persalinan..?

  • 3. Archie  |  December 14, 2009 at 11:26 pm

    Sya punya pertanyaan..
    Apkah tipus atw dbd bisa tertular mlalui ciuman?

  • 4. Gunawan  |  March 4, 2010 at 1:19 am

    Assalamualaikum..
    Trims infonya bu bidan & tolong info-nya sekalian tentang penanganan penyakit tifus dong, terutama pada anak, sebab sekarang ini justru anak-anak yang sering kena penyakit ini.
    & utk sekedan info, biasanya di daerah kami, kalo sakit tifus biasa diobati dengan darah belut yang dicampur dengan air kelapa hijau, dan ada juga yang memakai air rendaman cacing, dan satu lagi sekarang ada yang pake obat angka’
    Mohon dengan hormat penjelasannya.
    Trims.. Salam..

    mohon maaf untuk obat-obat alternatif bukan bidang saya
    dalam beberapa kasus pengobatan alternatif kadang bisa membantu

  • 5. Obat Alami Untuk Tifus  |  April 27, 2010 at 3:02 pm

    Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk Tifus , yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (seperti yang telah dinyatakan dalam Q.S. An Nahl Ayat 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat
    Rahmah

  • 6. elisa  |  July 25, 2010 at 4:34 am

    apakah penyakit thypus juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami susah tidur?
    soalnya ibu saya mengalaminya, beliau tidak bisa tidur selama 3 hari bersamaan dengan terserangnya penyakit liver juga

    tidak bisa tidur pada saat sakit biasanya karena gejala penyakitnya menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman (demam/panas-dingin dll)
    sebaiknya lakukan perawatan atas sakitnya
    periksakan ke klinik atau dokter

  • 7. Rachel  |  August 20, 2010 at 4:44 am

    Halo Dokter,

    Saya Rachel umur 19 tahun… bulan kemaren haid tanggal 19 ~ 23 juli trus tanggal 4 augstus saya terkena tipes…trus saya istirahat di rumah sampe tanggal 8 Agustus dan tanggal 9 Agustus nya saya kembali bekerja di kantor. nah yang mau saya tanyakan koq sampe sekarang saya blum mendapatkan haid?? apakah sakit tipes aku yang kemaren bisa mempengaruhi siklus haid aku??

    Mohon jawabannya ASAP.

    Thank you very much

    Rachel

    bisa saja mbak

  • 8. sarito  |  August 24, 2010 at 3:30 am

    halo dokter
    saya Sari Umur 20 thun,,,,akhir2 in kepala sring pening n perut trasa gk…..knapa tw dokter??????????

    ketik reg spasi pusing kirim ke 9090
    hehehehe , maaf becanda mbak

    saya tidak bisa mendiagnosa hanya dengan tulisan singkat anda
    buanyaaaak hal yang menyebabkan kepala pening
    sebaiknya ke dokter atau tempat pelayanan kesehatan biar bisa di cek, tekanan darah, dll
    thx

  • 9. maryam  |  September 27, 2010 at 2:17 am

    mksh byk,,

  • 10. Lipah  |  April 21, 2011 at 1:17 pm

    Bu.suami ku sdng sakit tipus. Sdh 4x k dokter.tp masi panas kra2 apa ya obtnya.sy jg dah ks obt cacing. Tp sekarng sdh aga sht alhamdhulilah. Mks

    Ibu yang bijak,yang paling penting dalam hal ini adalah menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.Jangan terlalu capai,dan usahakan menghindari diri dari stres.Usahakan mengkonsumsi makanan yang lunak.Semoga keluarga anda sehat selalu ya…Salam bahagia dari saya :

  • 11. meirina  |  June 7, 2011 at 1:12 am

    Bu,anak saya umur 2,7 bln terkena tipes yg nilainya 1/160 sempat drawat dRS tetapi skrg sdh agak baikan tetapi kenapa ya perutnya tetap besar/buncit seperti kembung?

    mungkin sedang dalam masa penyembuhan
    jika terus berlanjut segera konsultasi dokter

  • 12. alfian  |  December 23, 2012 at 3:44 am

    apakah efek ke sendi mksdnya lemas kaya orang strok gtu ya. soalnya kk sya kena bahkan jalan pun susah harus di bantu n kaki nya walaupun bisa tpi sebelah di seret gtu.
    aku tnya sma dokter yg tangani ktnya efek samping emank bgtu.
    mhon infonya, terima kasih

  • 13. Chy  |  January 16, 2013 at 12:32 pm

    Apakah tipus sangat berbahaya seperti kanker.? N apakah semua yang berada di dekat penderita tipus akn trkena resiko tertular. ?

  • 14. eva  |  February 7, 2013 at 6:17 am

    siang bu,saya 2 minggu yang lalu tekena flu dan para typus,dan saya sdh berobat ke dokter,obat saya sdh hbs,tetapi kondisi badan saya terasa lemah dan seperti orang mabok kalau kata orang kleyengan dan makan tdk nfsu,keluar keingat dingin saya seorang guru olahraga dn pelatih renang.apa saya masih terkena sakit typus bu? dan apa yang saya harus lakukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Cara Aman Memasak dengan Gas


Blog Ayahnya Anak2

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 50 other followers

%d bloggers like this: