Keluar Flek Saat Hamil

April 13, 2009 at 1:25 am 80 comments

Keluar flek (bercak darah) dari vagina tentu membuat seorang ibu hamil cemas dan bertanya-tanya, apalagi bila baru pertama kali mengalaminya. Apakah flek tersebut adalah hal yang biasa saja? Ataukah sebuah tanda bahaya?

Apa yang dimaksud dengan keluar flek?

Keluar flek (disebut juga spotting) adalah perdarahan ringan yang bisa terjadi kapan saja pada saat hamil, terutama pada trimester pertama. Sekitar 20% wanita hamil mengalami spotting pada trimester pertama. Hal ini bisa jadi merupakan bagian alami dari kehamilan, namun perlu dipastikan dahulu bahwa tidak terjadi komplikasi.

Perdarahan adalah tanda tersering dari keguguran, sehingga setiap wanita hamil yang mengalami perdarahan dari vagina harus segera berkonsultasi dengan tenaga kesehatan. Yang dilakukan oleh Sita di atas sudah tepat. Jika Anda mengalami perdarahan banyak atau nyeri hebat dan tidak dapat segera menemui dokter/bidan, langsung datang ke Unit Gawat Darurat (UGD) di rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

Apa bedanya dengan perdarahan?

Jumlah darah yang keluar membedakan antara flek dengan perdarahan. Keluar flek adalah keluarnya sedikit bercak darah dari vagina berwarna merah atau kecoklatan, yang bisa jadi tidak sampai mengotori celana dalam. Sedangkan perdarahan jumlahnya lebih banyak daripada flek, dan mengotori celana dalam. Perdarahan jelas lebih serius daripada flek.

Keluar flek itu normal atau berbahaya?

Bagaimana membedakan keluar flek yang normal dan yang berbahaya? Jawabannya tergantung dari kapan terjadinya, jumlah darah yang keluar, lamanya, dan gejala lain (misalnya nyeri perut, keluarnya gumpalan darah atau jaringan, pingsan, lemas, demam).
Flek darah yang dianggap normal adalah bila terjadi pada trimester pertama, jumlahnya sedikit dan tidak berlangsung lama (kurang dari 1 hari), serta tidak ada gejala lain.

Apa penyebabnya?

Dengan mengetahui penyebab keluar flek/perdarahan saat hamil, Anda dapat mengetahui gejala apa yang mesti dicari dan kapan meminta bantuan kepada tenaga medis. Penyebab keluar flek/perdarahan berbeda pada setiap trimester.

Perdarahan pada trimester pertama

Tidak selalu berarti ada masalah. Penyebab yang tidak berbahaya misalnya:

1. Melekatnya sel telur yang sudah dibuahi ke dinding rahim. Hal ini normal pada kehamilan. Jumlah darah yang keluar sangat sedikit.
2. Perubahan hormon: Keluar flek yang disebabkan oleh perubahan hormon saat hamil. Biasanya terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan, tetapi pada sebagian wanita dapat menetap sampai akhir kehamilan.
3. Penyebab lain yang lebih serius pada trimester pertama yaitu:
4. Keguguran: Perdarahan vagina merupakan tanda awal keguguran, disertai dengan nyeri perut.
5. Blighted ovum: Walaupun dari pemeriksaan ultrasonografi (USG) terlihat tanda-tanda kehamilan di dalam rahim, namun embrio gagal berkembang sebagaimana mestinya.
6. Kehamilan ektopik: Sel telur yang telah dibuahi menempel di luar rahim. Yang tersering adalah menempel di Tuba Falopii, sehingga tidak dapat berkembang karena kekurangan nutrisi. Tandanya antara lain nyeri perut dan perdarahan. Perdarahan akibat kehamilan ektopik sangat berbahaya karena bisa mengancam nyawa ibu.
7. Kehamilan mola atau kehamilan anggur: Pada keadaan ini, plasenta tidak terbentuk secara normal. Pada pemeriksaan USG dapat terlihat bukan janin yang berkembang, tetapi jaringan abnormal.

Perdarahan trimester kedua dan ketiga

Berbeda dengan trimester pertama, Anda perlu waspada bila terjadi perdarahan dari vagina pada trimester kedua atau ketiga karena biasanya menandakan adanya hal yang abnormal. Penyebab perdarahan pada trimester kedua atau ketiga antara lain:

1. Luka pada leher rahim, misalnya akibat berhubungan seksual atau pemeriksaan dalam yang terlalu kasar.
2. Penyakit pada vagina atau leher rahim, termasuk infeksi.
3. Mioma di rahim.
4. Penyebab yang lebih serius pada trimester kedua atau ketiga biasanya karena kelainan plasenta, yaitu: plasenta previa. Plasenta terletak di bagian bawah rahim sehingga menutupi mulut leher rahim. Tanda utamanya adalah keluar darah berwarna merah yang tidak disertai rasa nyeri, paling sering terjadi pada trimester ketiga.
5. Abrupsio plasenta: Sebagian atau seluruh plasenta terlepas dari perlekatannya pada dinding rahim. Darah yang keluar bisa sedikit atau banyak tetapi selalu disertai dengan nyeri perut hebat, paling sering terjadi pada trimester ketiga.
6. Partus prematur: Terjadinya pelebaran leher rahim pada kehamilan 20-37 minggu, disertai dengan kontraksi rahim.
7. Keguguran: Walaupun keguguran lebih banyak terjadi pada trimester pertama, masih terdapat risiko keguguran pada trimester berikutnya.

Apabila perdarahan terjadi setelah usia kehamilan 28 minggu, segera datang ke rumah sakit karena hal ini merupakan kedaruratan. Perdarahan yang terjadi jumlahnya bisa banyak atau sedikit, dan disertai atau tanpa nyeri perut. Jangan anggap remeh perdarahan ini karena perdarahan adalah salah satu penyebab terbesar kematian ibu di Indonesia.

Bagaimana mencegahnya?

Bisa tidak ya kita mencegah supaya tidak keluar flek? Tentunya dengan rajin kontrol ke dokter/bidan sejak awal kehamilan sehingga bisa mendeteksi dini adanya kelainan. Hindari rokok dan narkoba karena merupakan faktor risiko terjadinya perdarahan saat hamil, sekaligus juga tidak baik bagi kesehatan Anda secara umum. Nah, apabila Anda mengalami keluar flek saat hamil, tenangkan diri Anda, sekaligus tetap waspada terhadap adanya tanda-tanda bahaya di atas.

Saatnya Pergi ke UGD

Anda perlu langsung pergi ke Unit Gawat Darurat (UGD) di rumah sakit jika mengalami tanda-tanda bahaya di bawah ini (baca juga ini):

1. Perdarahan yang banyak, atau nyeri perut dan kontraksi yang hebat
2. Keluar flek atau perdarahan yang sudah berlangsung lebih dari 24 jam, dan Anda tidak dapat menghubungi dokter
3. Pingsan, atau merasa sangat pusing dan lemas
4. Perdarahan yang disertai demam di atas 38,5oC

Pada perdarahan trimester pertama, pertama kali dokter akan mencari apakah terjadi kehamilan ektopik, namun pada perdarah-an trimester berikutnya dokter akan terlebih dulu meyakinkan apa-kah keadaan Anda stabil atau tidak akibat kehilangan darah. Selain pemeriksaan fisik, dilakukan juga pemeriksaan laboratorium dan USG, tergantung dari kondisi Anda saat itu.

sumber: .: anakku :.

Entry filed under: KEHAMILAN. Tags: , , , , , , , , .

Masalah Seputar Bayi Baru Lahir TIPS MERAWAT BAYI

80 Comments Add your own

  • 1. bram  |  January 11, 2010 at 8:55 am

    Terima kasih atas informasinya
    Istri saya sekarang sedang mengalami flek juga

    semoga sehat2

  • 2. ana  |  February 14, 2010 at 8:42 am

    saya baru sahaja lewat 2 hari dari tarikh sepatutnya datang haid. belum berkesempatan membuat pemeriksaan urine untuk memastikan kehamilan.namun semalam bidan mengesahkan bahawa saya sudah hamil.tengahari tadi ada sedikit darah keluar setelah saya memarahi anak sulung saya..saya sangat2 marah ketika itu.selang beberapa minit,sedikit darah keluar.tetapi petang ini, tidak ada darah yang keluar.apa pendapat puan?

    salam dari indonesia
    sebaiknya pastikan dulu menggunakan urine test, apakah benar anda positif hamil?!
    setelah yakin, anda positif hamil dan terjadi flex, yang utama adalah tenangkan diri.
    ketika anda marah, bisa saja otot perut anda berkontraksi karena ada tekanan (stress)

  • 3. diah  |  April 22, 2010 at 4:08 am

    kehamilan saya sekarang menginjak 6 minggu, kehailan yang pertama ,,,kira kira 5 hari yang lalu saya mengalami flek berwarna cokelat,,saya konsultasi ke bidan,,ktnya saya harus istirahat,,tapi dua hari lalu saya mengalami flek lagi.. saya ada rencana untuk USG,,, apa benar tindakan saya? saya agak khawatir, saolnya dlm seminggu ini saya mengalami flek dua kali,,,,mohon bantuannya?

    benar ibu…
    semoga semua baik2 saja

  • 4. ROHIM  |  May 7, 2010 at 7:50 am

    ISTRI SAYA TELAT HAID SUDAH 14HARI SETELAH TEST MENGGUNAKAN TESTPACK HASILNYA GARIS MERAH MEMANG ADA 2 GARIS TAPI GARIS POSITIFNYA MASIH SAMAR BELUM BEGITU JELAS , ISTRI SAYA MENGALAMI GUSI BENGKAK,PUSING,CEPAT LELAH,KRAM KAKI DAN SAKIT DIBAGIAN BAWAH PERUT APAKAH ISTRI SAYA INI UDAH POSITIF HAMIL SAYA MOHON PENJELASANNYA

    2 garis samar menandakan positif lemah
    artinya hamil, hanya perlu mendapat perhatian khusus.. saya sarankan lakukan test kembali bulan berikutnya
    tentang keluhan pusing2, cepat lelah, kram kaki, dll, biasa itu pak… “lagunya” wanita hamil…

  • 5. andry santosa  |  May 9, 2010 at 12:01 am

    Asalamualaikum Bu, menanyakan perihal permasalahan kehamilan istri saya, kita sdh menikah 12 tahun pd tahun pertama istri sy hamil tp pd bulan ke 7 bayi kami meninggal dlm kandungan, setelah 11 tahun kami menunggu skr istri sy hamil Bu. permasalahan yg sekarang istri sy rasakan pada kehamilan antara 5 s/d 6 minggu ini istri sy kelua flex tp tdk kerasa mulas atau apa2 Bu, sehari keluar Flex hari berikutnya tdk, hari berikutnya keluar lg, kami sangat berharap Penjelasan dr ibu krn kami tinggal di pedalaman terpencil Bu, Terimakasih Wssl

    waaluikumusalam wr wb
    selamat ya pak atas kehamilan istrinya
    flex yang terjadi pada kehamilan saya tidak bisa menentukan penyebabnya dari penjelasan singkat bapak. karena banyak hal yang menyebabkan terjadinya flex sebagaimana tertulis pada artikel diatas.
    yang terpenting menurut saya, bagaimana jika telah terjadi flex?
    mengingat bapak tinggal didaerah terpencil, yang bisa bapak lakukan adalah meminta istri untuk lakukan istirahat total (bedrest).
    dukungan moril dari suami seringkali merupakan “obat” yang lebih mujarab daripada obat2an kimiawi
    bapak pasti lebih tahu dari saya, bagaimana membuat istri bapak tenang ^_^
    buatlah istri anda relaks, itu sudah sangat membantu
    jika mungkin berkonsultasi dengan bidan desa
    semoga cepat sehat
    wassalamualaikum wr wb

  • 6. anis  |  May 12, 2010 at 1:04 am

    terima kasih atas info2 yg bermanfaat ini..
    assalammualaikum wr.wb
    sy masi pnasaran dengan diri sy, alhamdulillah sy sedang hamil muda (usia 6 minggu), kmrn 2 hari lalu sy mengalami ada keluar bercak darah cair berwarna merah pnajangnya skitar 2cm di ‘cd’ dan keesokkannya warna bercak coklat hanya sdikit. Apakah itu berbahaya terhadap kehamilan sy disamping usia kehamillannya masi muda, sy khawatir keguguran, berhubung sy bekerja setiap hari diantar-jemput dengan kendaraaan bermotor.
    sebelumnya terima kasih atas penjelasaannya.
    wassalammualaikum wr.wb

    walaikusalam wr.wb
    jika terjadi flex seperti yang anda ceritakan, saya sarankan kurangi aktifitas
    jika mungkin memang sebaiknya istirahat total di tempat tidur (bedrest)
    yg tidak kalah penting, hindari stress…
    memang banyak hal yang menjadi penyebab fleks sebagaimana diuraikan diatas,
    untuk itu saya sarankan berkonsultasi ke dokter kebidanan
    semoga membantu
    wassalamualaikum wr wb

  • 7. Laura  |  June 6, 2010 at 6:02 am

    saya sedang hamil 6 minggu & bbrp hari terakhir ini mengalami flek yg lumayan banyak (hampir seperti mau datang haid)
    selain itu perut (sepertinya maag atau ulu hati) saya jg sangat sakit disertai mual eneg..

    pertanyaan saya :
    bagaimana cara mengatasi sakit di perut itu dan flek itu?
    thanks

    untuk flex (dan nyeri di perut) spt halnya saya sarankan untuk penanya diatas
    kurangi aktifitas, jika mungkin lakukan istirahat di tempat tidur
    selanjutnya konsultasikan dengan dokter kandungan,
    krn wanita hamil memang tidak bisa sembarangan meminum obat2an

  • 8. Prita  |  June 7, 2010 at 6:41 am

    Sy sdg hamil 23minggu, anak ke2. Anak ptama 5th, lahir mell operasi krn telat 17hr. Td pg keluar flek, berupa bercak menyebar di celana dalam. Sy jg mengalami kontraksi, perut terasa kencang. Tp, tdk lama dan hny sesekali. Sebaiknya bagaimana? Stlh tahu keluar flek, sy langsung tiduran. Hingga 6jm kmd blm keluar lg. Kontraksi sdh berkurang. Tp, td gerakan janin sngt aktif. Trim’s.

    ibu tita melakukan antisipasi dengan baik
    yang sebaiknya dilakukan ketika mendapati terjadi flex sebaiknya istirahat kan diri
    tenangkan pikiran
    konsultasikan dengan dokter obgyn anda

  • 9. Azizah  |  June 16, 2010 at 11:09 pm

    Sy hamil 6minggu,kmrn krn terlalu cpk keluar darah dan sdkt gumpalan. Kta dokter dsurh istirahat dan tes ulang. Stlh tes ulang alhamdulilah hslx positif tp skrg

    perut bag bwh sy terasa nyeri+kaku. Knp? Dan hrz bagaimana saya?
    sebaiknya kurangi aktifitas
    tetaplah istirahat
    tenangkan pikiran
    perbanyak makan sayur dan buah
    semoga cepat sehat

  • 10. arihta  |  June 21, 2010 at 7:41 pm

    saya pada bulan pertama tidak mengalami haid seperti biasa hanya bercak-bercak darah. Pada bulan kedua belum waktunya saya haid tetapi saya sudah mengalami seperti haid dan jumlahnya lebih banyak dari sebelumnya (bulan pertama tadi) tetapi lebih sedikit dari haid normal saya(jumlah darah yg keluar).Yang ingin saya tanyakan ini gejala apa??karena saya mengalami ciri-ciri kehamilan seperti mual-mual,sering buang air kecil,pusing,payudara sakit,gatal dan warna mulai gelap.
    terimakasih…

    lakukan tes kehamilan terlebih dahulu
    jika tidak positif, berarti ada beberapa hal yang menyebabkan gejala2 tersebut diatas
    konsultasikan dg dokter untuk memastikan

  • 11. andri  |  July 15, 2010 at 3:48 pm

    salam bu…. is3 sy hmil 10 mgu atw tepat@ awal 5. sy tkejut ktka is3 sy blg ada kluar darah kyak mens., apa yg hrs sy lakukn? apa bs bahaya? trims

    saya sarankan istri bapak untuk istirahat total
    jangan banyak bergerak lakukan bedrest
    tenangkan pikiran…
    waktu anak pertama dulu saya juga mengalami flex, dan alhamdulillah semua berjalan lancar
    konsultasikan dengan dokter kandungan
    dokter akan tahu apakah memang perlu diberikan “obat penguat kandungan”
    semoga sehat2 pak, salam untuk ibu

  • 12. JANUAR ANDRY HERMAWAN  |  July 16, 2010 at 8:14 am

    assallamualaikum Bu
    Saya mau menanyakan usia kandungan istri saya sekarang mengijak 4 minggu, tetapi pada minggu keempat sekarang ini istri saya keluar fleknya kira – kira untuk kandungan istri saya ada masalah apa tidak ya Bu? Trimakasih

    keluar flex saat hamil berarti kemungkinan ada masalah dengan kehamilan
    tapi bapak jangan terlalu khawatir
    yang saya sarankan
    si ibu harus istirahat total (bedrest)
    jangan bebani ibu dengan kekhawatiran bapak
    sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan

  • 13. irma  |  July 19, 2010 at 7:13 am

    slm knal,sy telat haid 7 hari,skg keluar darah tp sedikit,sy blm d testpek tkt kecewa,,yg ingin sy tnyakan apakah sy hamil,mohon pnjelasan mksh

    xixixi anda lucu
    lha saya bukan dukun ya nggak taw bu
    coba aja tespack
    siapkan mental, jika belum dihamil
    berarti Tuhan sedang menyiapkan waktu yang pas untuk anda

  • 14. linda  |  July 20, 2010 at 5:25 am

    assalamualaikum bu,
    Sy mw bertanya,ttg yg sya almi skrg ini,
    Yaitu,sdah beberpa hri ini,sya kluar flek,sya kget,jdi sya lgsg mnum obt primolut,ttpi flek ny dtg lg stlah it,sya jg mglami mual2,susu skit,dn sring kencing,apkh sya sdang hamil?
    Dan apkh flek yg trjdi pda sy brbhya,tlong jwbanny y bu,trmksih sblumny,,,

    mbak linda yang baik,
    saya berusaha mencerna pertanyaan anda supaya bisa terjawab dengan baik
    1. apakah anda hamil? untuk memastikan sebaiknya anda lakukan test kehamilan
    2. Apakah flex-nya berbahaya? jika anda benar hamil dan terjadi flex, meskipun belum tentu berbahaya, hal itu perlu mendapat penanganan khusus
    sebaiknya anda konsultasi ke bidan/dokter kandungan supaya bisa mendapat penganganan yang baik
    terimakakasih

  • 15. linda  |  July 21, 2010 at 3:42 am

    kok g dblassss

    sudah dibahas mbak linda
    mohon maaf
    karena beberapa kesibukan kadang saya tidak bisa online setiap hari

  • 16. linda  |  July 21, 2010 at 3:14 pm

    trmaksih bu,oya,sya bru sja test,dn hsilny positif,yg ingin sya tnyakn,knpa flek g’mw b’hnti,stiap hri ad,wlau sdkit,ap mmang sprti it?sya blm smpat k bidan

    jika anda positif hamil dan masih nge-flex barangkali ada sesuatu yang harus diperiksakan pada kehamilan mbak linda
    sebaiknya anda kurangi aktifitas jika mungkin lakukan bedrest
    jangan terlalu khawatir tapi tidak bisa dibiarkan
    segera lakukan konsultasi

  • 17. linda  |  July 24, 2010 at 12:56 am

    saya sudah ke bidan,tpi bidan g’da respon,
    Dia blm bsa mlhat klo saya sdg hamil ato tidak,wktu sya blg drah trus kluar,cma diam aj,ktany g’brani suntik atw apapun,cma dlrg pke’motor dlu…
    Ap bnar y klo sdah positif d tespek,bsa g’jdi lo kluar trus flek???

  • 18. linda  |  July 27, 2010 at 1:13 pm

    tlong djwab!

  • 19. linda  |  August 3, 2010 at 10:56 am

    trmaksih bu.

  • 20. monik  |  August 15, 2010 at 1:00 am

    Ass. Ibu saya hamil baru 6 minggu dan ini adalah kehamilan saya yang pertama. Kemarin saya keluar darah yang agak banyak sebelumnya saya menggendong keponakan saya yang baru bertandang ke rumah. setelah itu saya langsung minum obat penguat dan istirahat. dimalam hari nya saya masih menemukan flek meskipun tidak sebanyak yg sebelumnya. Besok saya berencana untuk USG dan kontrol ke dr kandungan.
    Menurut ibu apakah kehamilan saya masih dapat dipertahankan dan apakah ada kemungkinan janin saya tidak dapat berkembang.
    atas jawaban ibu saya ucapkan terima kasih. Wass

    tentu saja saya tidak dapat menyimpulkan dari penjelasan singkat anda
    flek yang terjadi memang perlu ditangani scr khusus, tapi jangan terlalu khawatir berlebih
    konsultasi dengan dokter anda akan sangat membantu

  • 21. lenny  |  August 20, 2010 at 12:52 pm

    Malam bu,I mau ty I telah mengalami keguguran 2 kali, skrg I hamilyg ke3kalix ,usia kandunganku 5minggu timbul flek pertyanku apakah dgn istirahat dan min obat penguat bs membnt. Apakah steres bs menyebabkan flek ,thanks

    melihat riwayat kehamilan sebelumnya
    flex yang terjadi skrg memerlukan pengangan serius
    istirahat total (bedrest) diharapkan bisa membantu
    obat penguat hanya bisa diberikan oleh dokter spesialis
    setelah mengetahui penyebab flex dan kondisi kesehatan anda

  • 22. lilis suryani  |  August 23, 2010 at 6:27 am

    saya sekarang sedang hamil 6 minggu dan sudah beberapa hari ini saya mengeluarkan darah kecoklatan disertai gumpalan darah sedikit,dan flek tersebut keluar 2-3 kali sehari.apakah itu normal…?tolong jawabannya karena saya bingung sekali….

    terjadi flex saat hamil berarti kehamilannya ada masalah
    tetapi jangan terlalu panik
    perawatan yang baik akan membuat kehamilan tetap sehat
    segera konsultasi ke dokter ahli kandungan

  • 23. wening  |  August 24, 2010 at 1:40 am

    Malam bu…makasie byk artikel diatas banyak masukan u aku…kebetulan aku juga sedang hamil muda 7 mingguan gitu…lalu timbul flek sedikit sekali…bikin cemas apakah juga bisa karena faktor sedang batuk yah… sehingga otot perut juga ikut ketarik…makasie sebelumnya…

    bisa juga batuk menjadi pemicu flex
    jika terjadi flex memang kehamilan perlu perhatian lebih
    sebaiknya konsultasi ke dokter obgyn

  • 24. Tia  |  August 26, 2010 at 8:20 am

    Dok, hari ini saya telat 17 hari.hari minggu lalu saya diusg, ada janin panjang 12 MM dgn usia hamil masuk 7 minggu.kemudian keesokan harinya saya mengalami sakit perut spt mau BAP, krn khawatir saya periksa ke dokter lain dan ternyata di USG lagi ga keliatan apa2 dok .
    Tidak percaya hasil dokter tsb selasanya saya kembali ke dokter pertama, dan di USG, hasilnya tetap tidak ada apapun dok.saya tidak mengalami pendarahan.testpack pun +.mohon penjelasannya dok.terima kasih.

    wahhh gimana saya mau komentar nih..
    barangkali usg nya lg ngantuk kali ga kliatan
    heheheh -becanda-
    saran saya sih… sebaiknya periksakan lagi lain kali
    anda tidak perlu panik
    yang penting jaga kesehatan jaga asupan gizi
    jika mungkin lakukan pemeriksaan ke dokter lain
    thx

  • 25. aan  |  August 29, 2010 at 4:40 pm

    mlm bu,usia kndungan sya sdh 10mggu,1 mggu yg lalu ketika di usg janin saya belum terlihat,dokter ksh wktu 2 mggu untk melihat perkembangan janin sya,kt dokter bs jadi blighted ovum.yg sy tnyakan msh adakah cr lain agar janin sy dpt terlhat atau cr menghindari bligted ovum?jk sy divonis dmikian resiko ap yg akan sy jalani?ketika sy berhubungan dg suami ada bercak darah yg keluar,berbahayakah hal itu untuk kandungan sy bu?mohon informasinya.trims

    saya turut perihatin ibu.
    bligthed ovum atau kehamilan kosong terjadi manakala Pada saat konsepsi, sel telur (ovum) yang matang bertemu sperma. Namun akibat berbagai faktor maka sel telur yang telah dibuahi sperma tidak dapat berkembang sempurna, dan hanya terbentuk plasenta yang berisi cairan
    Jika telah didiagnosis blighted ovum, maka tindakan selanjutnya adalah mengeluarkan hasil konsepsi dari rahim (kuretase). Hasil kuretase akan dianalisa untuk memastikan apa penyebab blighted ovum lalu mengatasi penyebabnya. Jika karena infeksi maka dapat diobati sehingga kejadian ini tidak berulang. Jika penyebabnya antibodi maka dapat dilakukan program imunoterapi sehingga kelak dapat hamil sungguhan.
    tulisan selengkapnya silakan baca disini>>>

    http://bidansherly.wordpress.com/2010/09/01/blighted-ovum-kehamilan-kosong/

    soal pendaharan bisa karena beberapa hal, silakan konsultasikan ke dokter anda.

  • 26. esi  |  December 2, 2010 at 1:54 am

    assalamulaikum
    pagi bu, saya telat haid sudah 6 minggu kemarin saya tes 2x ternyata hasilnya positif, sekarang minggu ke 7 ternyata sudah 2 hari berturut keluar flex yang hampir seperti haid dan keluarnya sedikit2, saya jadi ketakutan…. apakah kehamilan saya bisa dipertahankan bu? bagaimana saya mengatasi flex tersebut… terima kasih.

    flex saat hamil memang beresiko
    tetapi masih bisa “diselamatkan” dengan penanganan yang benar
    konsultasikan dengan dokter anda
    untuk sementara yg bisa anda lakukan adalah bedrest
    (istirahat total)
    liat jawaban sy pd penanya di atas

  • 27. mursan  |  December 7, 2010 at 2:07 am

    mksh atas info x,sy mhsiswa mnikh dsember 2007 ll.sy slm in mggunkn KB PIL.
    Pdhl tdk prnh tlat mnum,tp 19 septmber kmren sy mulai ga haid,hx kluar flek mrah slm 2mgg.
    Oktber ga haid trus 22nov kmren kluar drah yg bnyak slm 3hr.n xampe skrang tgl 7des kluar flek.
    Td pg pke tes pek hsil x positif wlau gris yg 1 x smar2.stiap pgi ad benjolan d atas simpisis.

    kemungkinan anda bisa hamil
    untuk lebih jelas bisa via usg

  • 28. novine  |  December 10, 2010 at 11:01 am

    salam sy biasa haid setiap tgl 3 atau sebelmnya…dan bulan ini baru tgl 10 keluar bercak..dan perut sering panas.sudah test pack hasilny negatif..sy pikir haid sy sudah pakai pembalut..tp td sore berhenti tidak deras seperti sy biasa hari pertama haidpasti deras n ada rasa tertentu yg biasa saat haid..kali ini rasanya beda dan perut kebawah panas.
    apakah saya hamil?
    thx ya

    dari hasil test pack negatif kemungkinan besar anda tidak hamil
    jika tidak yakin coba konsultasi ke dokter kandungan / usg

  • 29. Bu Gunawan  |  March 18, 2011 at 1:08 am

    Bidan Sherly sy mau ty,jika tanggal haid terlewati 2hr & kemudian sy mengalami 2,5 hr darah coklat hitam disusul dg darah merah segar,apakah itu msh tergolong darah haid atau krn implantasi embrio{ciri kehamilan},yg keluar tdk sebanyak darah haid.krn kalau sy haid biasanya 6-7hr.apakah krn kista?sy py 2kista @3cm. terimakasih untuk jawaban nya.

  • 30. defi  |  March 31, 2011 at 6:57 am

    dok,..usia kehamilan saya sudah masuk bulan ke 6, tak tau ntah kenapa tiba2 saya mau sholat dzuhur, ketika saya mengambil wudlu ada flek caik yang mnempel di celana dalam saya. yang saya tanyakan apa kira2 apa penyebabnya ya dok? pada sudah lama juga tidak ada melakukan hubungan sama suami saya. menurut dokter bagaimana tindakan saya sebaiknya, saya takut ini membahayakan terhadap saya dan janin saya. trims

    mungkin anda hanya perlu istirahat yg cukup

  • 31. riani  |  April 11, 2011 at 3:44 am

    ass bu,,bu sekarang saya sedang hamil baru 3 bula.tdi pagi saya batuk terus terusan,dan ada yang kelura dari pagina dilihat ternyata darah tpi sedikit.apakah itu akan membahayakan pada kehamiln saya?maksih bu…

    Batuk yg terus menerus dpt menyebabkn rangsangan rahim yg menimblkn flex(BERCAK DARAH),bila terus menerus,tentunya mnimblkn dampak serius pada khamilan.Saran saya segera obati kel batuk anda & KONSULTASI KE DOKTER.

  • 32. rafi  |  April 16, 2011 at 3:58 am

    ada usia kehamilan 6-7 minggu apabila terjadi flex,apakah cukup di berikan obat pengua

    Hal yang utama adl periksakan kandungan anda ke dokter OBGYN,lalu bedrest dgn menghindari stres pada diri anda,hindari makanan yg merangsang (pedas,asam ).Selamat mencoba :)

  • 33. Tia  |  April 21, 2011 at 12:26 am

    salam..saya sudah terlambat haid sekitar 3 minggu lebih..ketika saya periksa dengan test pack, minggu 1 negatif, minggu dua juga begitu..di minggu ketiga, ada dua garis, meskipun salah satu garis samar..dua hari setelah mengecek, keluar darah dalam jumlah yang cukup banyak..saya jadi bingung..apakah saya haid?ataukah keguguran?

    Saran saya segeralah anda memeriksakan kembali diri ke dokter OBGYN untuk mengetahui perkembangan selanjutnya…dan dilarang….BINGUNG :)

  • 34. isti  |  April 29, 2011 at 9:50 am

    buk, saya mau tanya..2 bulan lalu saya pernah telat haid selama 15 hari. tapi keluar haid normal.tapi haid saya jadi tidak teratur.trus bulan lalu saya haid lagi dengan selang 5 hari trus menerus kuar flek selama 2 minggu kemudian saya periksa ke dokter kandungan katanya ada gumpalan darah. dokter masih belum pasti itu hamil atau keguguran. karena seteloah dilakukan pap smear, tidak ada keluhan. jadi apa saya hamil dok?

  • 35. nhay  |  May 3, 2011 at 7:11 am

    ass bu …
    bu sekarang saya sedang hamil 7 minggu, awal-awalnya saya sehat2 saja tak ada mual tak ada pusing juga tak ada keluhan lain, cuman saya punya riwayat toxsoplasma, sudah 6 bulan saya menjalani pengobatan namun ternyata bulan ini saya hamil dan kata dokter hamil saya sudah 7 minggu, namun kemarin pas usg bayi saya blum terlihat juga bentuknya dan kemarin sore keluar bercak darah yng sampai sekarang masih ada flek berwrna coklat.
    saya bingung n panik apa yng harus saya lakukan bu??
    dan bagaimna keadaan janin saya apakah bercak darah itu menandakan saya akn ke guguran lagi dan apakah janin yng tak berkembang tidak bisa bertahan bu??
    terimakasih banyak sebelumnya, mohon jawabannya atas pertanyaan saya…
    terima kasi wasalamu’alaikum…

    terjadi fleks, memang memerlukan perhatian serius…
    tidak perlu panik, jika mendapat penanganan yg baik semua akan baik-baik saja
    istirahat yg cukup, konsultasikan ke dokter ya bu

  • 36. ningrum  |  May 3, 2011 at 7:33 am

    bu…saya sedang hamil 7 minggu, td pagi wkt BAK keluar lendir berwarna merah kecoklatan, tp tdk ada flek darah di celana dalam. BAK berikutnya tdk ada lendir yg keluar, tp beberapa jam setelah itu BAK lg lendir itu keluar lg, dg warna yg sama tp jumlahnya lbh sdkt. apakah kemungkinan saya mengalami keguguran?
    terima kasih jawabannya

    menurut saya bukan keguguran
    fleks yang terjadi sebaiknya konsultasi ke dokter
    istirahat yg cukup ya bu

  • 37. jatmiko  |  May 3, 2011 at 12:00 pm

    istri saya sudah terlambat haid selama 1 minggu,dan sudah di test ternyata positip. tetapi dia juga mengalami flek hampir setiap hari ( sudah 3 hari ini ) dan juga merasa melilit di perutnya. apakah itu bahaya ya bu?

    apabila fleks tidak mendapat perhatian serius dikhawatirkan akan berbahaya
    konsultasikan ke dokter

  • 38. lely  |  May 4, 2011 at 12:43 pm

    Tulisan yg bgs sekali…
    Sy mau tnya,sy br aj dikuret,wktu itu usia kandungan 10mgg,tp kata dokter blight ovum,pdhl ga prnh ad mslh,ngeplek jg ga prnh,tp mungkin dktr lbh paham akhrnya sy ikuti saran doktr,setlah 3bln sy hml lg,skrg usia kandungn 10mgg,ketika sy plg krj kmrn n td,keluar darah ga byk c…tp itu mbwt khwatir,kira2 berbahaya ga y,sy jd tkt k dokter skrg,tkt di vonis hal yg sm..trims sblmnya y…

    untuk mengetahui penyebab pastinya memang sebaiknya konsul ke dokter
    jika belum konsul minimal lakukan istirahat total

  • 39. Hotels In Bali  |  May 7, 2011 at 1:11 am

    Terima kasih infonya.. Penting sekali sebab secara kebetulan, pagi ini saya sangat membutuhkan informasi ini.. Teman saya yang di Batam mengalami persis topik yang ada di sini.. Keluar flek dan perutnya berasa sakit sekali… :(

  • 40. ari  |  May 10, 2011 at 9:43 am

    Ass bu,,,bu saya sudah telat datang bulan 2 minggu…paginya saya langsung tes kehamilan dan hasilnya positif ada garis merah 2 tapi yang satu samar sorenya saya keluar darah seperti haid dan akhirnya saya lakukan USG kata dokter saya hamil 2 bulan tapi saya masih ragu soalnya saya tes lagi setelah USG dan hasilnya negatif….Apakah saya hamil apa tidak ya dok?

    jika kurang yakin, anda bisa lakukan test ke dokter yang lain

  • 41. lusi,Isa  |  May 14, 2011 at 11:54 am

    Ass Bu, saya sudah telat haid selama 11 hari ( sebelumnya haid selalu on time siklus 26 hari ), sudah test pack masih negative dan sdh 2 hari ini keluar flek2 coklat apakah ini pertanda saya tidak hamil? atau perlu periksa ke dokter untuk memastikan melalui test laboratorium? mohon jawabannya,
    salam,
    Lusi

    mbak lusi yg cantik,
    lakukan lagi testpack,
    jika masih belum yakin bisa konsul ke dokter atau bidan untuk melakukan test kehamilan

  • 42. kak aam  |  May 20, 2011 at 3:50 am

    bagaimana cara mencegah keluar flek pada saat hamil?
    081804399150.

  • 43. abi  |  May 20, 2011 at 6:31 am

    Bu .. saya mau nanya?

    subuh tadi istri saya kaget setelah melihat celana dalamnya banyak darah / seperti datang bulan, tapi dia gak sadar keluarnya, tau nya setelah bangun pagi. siangnya memang dia merasa mules tapi hanya sebentar. dan agak pegal /capek karena aktifitas duduk lama.

    trus setelah itu tidak ada darah yang keluar lagi, saya langsug bawa konsultasi ke bidan langgan kami, disana dikatakan baik2 saja namun harus mengurangi frekwensi hubungan badan, apa ini memang pengaruh bu? trus apa sperma suami bisa menggagu kandungan?

    juga kami disarankan untuk usg, perkiraan lahirnya tgl 15/11/11 kehamilan istri saya masuk berapa minggu ya bu?

    oya bu’ ini anak ke 3 kami, dan karena pinggul istri agak kecil kami disarankan bidan untuk operasi cecar, meski 2 anak kami sebelumnya bisa lahir normal meski dengan perjuangan yang berat.

    terimakasih sebelumnya

    salam
    abi

    beberapa literatur menyebutkan sperma dapat merangsang kontraksi
    panggul kecil memang agak menyulitkan proses kelahiran

  • 44. indah krisnawati  |  May 23, 2011 at 2:35 am

    ass bu…bu saat ne saya hamil 2 bulan. 3 hari sebelumnya dan sampai sekarang saya batuk berdahak dan sesak yg mengakibatkan perut saya merasakan tekanan saat batuk. Sedangkan tadi pagi stlh saya berhubungan saya mengalami flek kecoklatan. Dulu waktu hamil anak pertama dan usia kandungan saya berumur 4 bulan saya juga pernah mengalami flek yg byk sehingga wkt anak saya lahir terjadi kebocoran jantung yg mengakibatkan anak saya meninggal.apa tu membahayakan janin saya bu…????bagaimana saya harus mengatasiy…????

    flek bisa berbahaya jika terjadi terus menerus
    tapi bisa diatasi dengan penanganan khusus
    ketenangan hati justru akan membatu penyembuhan

  • 45. Aya  |  May 23, 2011 at 3:58 pm

    Dok . . Mhon pnjlsn nya . . Saya sekarang sedang hamil 5bulan . . Sebelumnya tidak ada tanda” aneh . . Dan sekarang ketika saya berhubungan intim dg suami saya . . Saya mengeluarkan darah . . Apa yang terjadi dok ? Saya bingung dan sangat takut terjadi apa” dengan bayi saya . . Mohon di reply . . Trims

    istirahat total, dan segera konsultasi ke dokter obgyn
    belum tentu berbahaya tapi memerlukan perhatian khusus

  • 46. Elmin Hosiana Tobade  |  May 24, 2011 at 3:29 am

    syalam, kenal… mw nanx, sy sdh 5bln tdk datang haid, sdh 2x tes urin hasilnya negatif, tapi perutku tamba besar, n payudara besar. Apa saya hamil,? (belum sempat usg). Tx

    konsul ke dokter kandungan untuk memastikan

  • 47. noorrasida  |  May 26, 2011 at 2:55 am

    Ass,wr,wb. . . sy ibu noor mw bertanya bu, sy skrang lgi hamil 13mggu dan 4 hr yg lalu sya ada mgalami flek dan keluar darah,keluar pertama gak terlalu byak,trus lgsung sya periksakan ke dokter hasilnya sya disuruh istirahat totl slma 2mggu dan dksh obt,dan stlah sya pulang kerumah ternyta drahnya msh keluar dan smpai saat ini bhkan semkin deras,yg ingn sy tanykan,apakah flek ini berbahaya bagi janin sy?????,dan apa yg harus sya lakukan???

    konsultasi secara rutin ke dokter
    sampaikan tentang perkembangannya

  • 48. Dwi  |  May 29, 2011 at 5:09 am

    Siang,
    saya sedang hamil memasuki bulan ke 3, terakhir sayaberobat ke bidan setempat saya mengalami kurang darah, setelah 2 hari kemudian saya dikejutkan dengan adanya flak pada (clna dlm saya). namun sedikt. apa itu berbahaya??..itu berlangsung hanya sesaat. satu haripun tidak ada.

    terima kasih
    saya butuh jawabannya

    jika berlangsung terus bisa berbahaya
    sebaiknya konsul ke dokter

  • 49. lucia fransiska  |  May 29, 2011 at 10:38 am

    Ibu dokter, saya hamil 2 bulanan, ini anak ke 3
    [Anak saya yg pertama&kedua lahir dengan caesar].
    Beberapa hari lalu saya keluar flek warna agak kecoklatan dan kadang ada keputihan dikit juga tapi gak bau. Dua hari kemudia flek darahnya ada lagi tapi hanya dikit[1cm].Apakah masalah yg saya alami ini normal? Saya dikasih obat Duphaston dan disuruh istirahat total.Apakah bayi saya baik baik saja? Terimakasih

    normal
    hanya perlu perhatian khusus
    mudah2an sehat ibu dan janinnnya

  • 50. dwi  |  June 3, 2011 at 12:33 am

    ass..bu, bu saya terakhir mens 10 mei, dipertengahan bln saya cek khamilan pakai tes pack ternyata hasilnya positif, tp trnyta tgl 1 juni sya kluar flek, tadinya hanya coklat2 saja tp makin lama kok klr darah, ada gumpalan darah kcil2 jga, apakah sya kguguran?klw iyah langkah apa yg hrus sya ambil?
    trimakasih bu….

    bisa iya bisa tidak
    konsul dokter untuk memastikan

  • 51. anna  |  June 3, 2011 at 7:08 am

    assallamu allaikum,
    Bu…saya hamil dengan usia kandungan 10 minggu, setiap habis melakukan hubungan dengan suami biasanya akan timbul flek kecoklatan, apakah bahaya? apakah yang sebaiknya saya lakukan? terima kasih sebelumnya

    silakan liat pada penanya sebelumnya

  • 52. dwi utami  |  June 4, 2011 at 7:27 am

    ass, bu saya sedang hamil 9 minggu semalam setelah saya berhubungan dengan suami saya tiba-tiba keluar darah ga banyak sih, lalu keesokan harinya saya merasa baikan tetapi malah keluar flek berwarna kecoklatan, waktu saya k bidan saya d suruh istirahat , apa flek itu tanda bahaya dengan janin saya?terima kasih bu

    jawaban saya sama seperti penanya2 sebelumnya,
    silakan

  • 53. Intanìa Sarry  |  June 6, 2011 at 1:02 am

    Ass bu, saya bulan kmrn mens tgl 1 tp skrng smpe tgl 5 saya blm mens jg, udh gt stlh berhubngn intim dngn suami saya, kok malah keluar flex(darah) tp cuma dikit, saya cuek aj truz saya buat jalan2 ke mall eh, keesokan hariny keluar lg dikit. Knpa kira2 ea bu, apakah ada kemungkinan saya hamil coalna saya m0u test takut kecewa lou g’hamil,!
    Payudara kenceng bgtz & sakit, susah BAB, srng pipis, lemes & ngantukan.
    Mohon penjelasany yg sejelas2nya, trims bu.

  • 54. emma  |  June 9, 2011 at 1:33 pm

    Bu Sherly, sy adalah buteki, anak sy 9m19d,sy baru mendapat haid pertama stlh nifas pada saat anak sy 8m21d,dan darahnya lmyn bnyk seperti haid pada umumnya..skrg sy mendapati sedikit darah 5hr sebelumnya (H-6 dari tgl haid bln kmrn), sy pikir saya haid, tetapi ternyata hingga sekarang darah yang keluar cm sedikit..tidak seperti bln kmrn..sy coba pake test pack pada H-4,tapi hasilnya negatif..sy ragu apakah sy haid/flek ini pertanda sy hamil anak kedua…??trimakasih atas jwbnnya..

  • 55. Amri  |  June 11, 2011 at 1:42 pm

    Assalamualaikum bu, saat ini istri saya sedang hamil sekitar 8 minggu dan tadi siang mengalami pendarahan, mohon penjelasan apa yg terjadi, terima kasih sebelumnya!

    lakukan seperti di penjelasan pada koment di atas

  • 56. chia  |  June 20, 2011 at 9:34 am

    Bu, aku mo tanya. Ak lg hamil 9 minggu. Kemarin kluar flek dan sudah ke dokter lalu diberikan suntikan hormon dan penguat kandungan.minggu depan harus balik lg untk dlihat perkembangan janinnya karna setelah di usg baru 10mili. Kalau minggu dpn tdk ada perkembangan baik saya dsarankan untuk pembersihan saja nanti akan dikasih obat. Pertanyaan saya, apakah obat itu aman untuk rencana kehamilan selanjutnya? Dan apakah obat itu bikin perut saya sakit nanti? Terima kasih sebelumnya.. :)

    tentu saja dokter memberikan obat sesuai peruntukannya dengan kadar yg telah terukur
    percayalah pada dokter anda…
    ketenangan hati juga berpengaruh lohh bu
    anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter lain sebagai second opinion jika merasa ada yang kurang

  • 57. rita  |  June 20, 2011 at 5:34 pm

    bu sherly.mo tanya nieh.saat ini saya sedang hamil ke 3 setelah yg sebelumnya mengalami keguguran.kegugurannya pada 26 maret 2011.dan sekarang sedang hamil lagi dengan usia kandungan 5 minggu.keguguran yg sebelumnya diawali dengan keluar darah/flek yg lumayan banyak.akhirnya pada minggu ke 7 keluar dengan sendirinya dan sudah di bersihkan oleh dokter saya.yang ingin saya tanyakan.pada kehamilan sekarang terjadi hal yg sebelumnya.memang prosedur dari dokter sudah kami jalankan semua.dari obat yg di oral or yg bentuk pull.mencoba untuk santai dan berdoa sudah pasti..apa ada hal yg lain yg bisa saya lakukan agar bisa mengurangi darah yg keluar.

    tentu saja setelah melewati terapi dokter, yang bisa kita lakukan dalam keadaan sperti ini adalah anda totally bedrest.
    apalagi anda ada riwayat keguguran
    jalin komunikasi yg baik dengan suami dan keluarga terdekat
    sehingga anda merasa nyaman…. lupakan dulu segala permasalahan yang mungkin sedang terjadi
    saatnya anda bermanja-manja
    :p
    semoga sehat2 ibu dan janinnya… amien

  • 58. ola  |  June 28, 2011 at 3:59 am

    Salam,
    saya pernah keluar flex semasa kandungan masuk bulan ke-4. Ketiak tu doktor menyatakan ia adalh normal. namun selepas bulan ke-7 ni flex tersebut keluar lagi apaka ia adalah normal atau ianya perlu saya ke doktor semula

    terjadi flex menurut saya kehamilan ibu memerlukan perhatian lebih
    sebaiknya konsutasikan dengan dokter ibu

  • 59. elisa  |  June 29, 2011 at 12:39 pm

    bidan sherly, saat ini sy tengah hamil 2,5bulan. kmrin sya flek tp sngat sdkit. dan perut saya nyeri. flek thu trjdi wkt sya perjalanan jauh dr smarang bndung jakarta. smpe 3hri. apa itu brbahaya bwt kandungan sya?apa yg hrus sy lakukan? trimsrin sya flek tp sngat sdkit. dan perut saya nyeri. flek thu trjdi wkt sya perjalanan jauh dr smarang bndung jakarta. smpe 3hri. apa itu brbahaya bwt kandungan sya?apa yg hrus sy lakukan? trims

    akan berbahaya jika terjadi terus menerus
    sebaiknya perlu perhatian khusus dengan memeriksakan ke dokter

  • 60. bunga  |  July 11, 2011 at 3:12 pm

    Ass..
    mau tanya ne. Saya sekarang sering buang air kecil tetapi waktu haid saya belom saat na,. Kemudian sekitar 3 hari sebelum saat masa haid saya datang tiba2 terjadi pendarahan yang banyak sampai ngalir ke kaki saya pada hari ke-2, tetapi terjadi cuma 3 hari. Apa itu darah haid atau darah lain?

    kemungkinan darah haid
    hadi bisa maju bisa mundur

  • 61. dani  |  July 15, 2011 at 9:56 am

    dok,,istri saya hamil tapi pada usia kandungan 20 hari ia megalami pendarahan sekitar 4-5 hari,,setelah itu keluar darah berwarna kecoklat-coklatan selama kurg lebih 20 hari trus kadang2 perutnya nyeri,,tapi kadang2 hilang,,,apakah itu tanda keguguran,,,?

    belum tentu< sebaiknya periksa ke dokter

  • 62. anom  |  December 19, 2012 at 2:44 am

    dok, usia kandungan saya 9 minggu dan hari kamis kemaren keluar flek berwarna coklat ,, tak minumin obat penguat udah gak keluar lagi,, kemaren gak tak minumin kenpa keuar laghi
    itu bhaya apa gak
    hasil USG mengakatakan jahinnya tidak apa”

  • 63. Ridwan  |  December 20, 2012 at 3:50 pm

    Istri saya sekarang sedang hamil 4 bulan.tapi sudah 2 hari ada keluar darah merah lumayan sering dan bintik putih.saya khawatir sekali.bu.apakah itu tanda keguguran.jawaban ibu sangat kami nantikan.

  • 64. hafizah  |  January 2, 2013 at 9:46 pm

    ass bu d0kter…saya baru sja mnikah 2 bln… saat ini sya sdh tlat dtg bln 13 hari… 2 hri stlah tlat sya prnah coba TP tapi mzh negatif… tpi sya mrasakn mual2… tpi akhir2 ini saya kluar flek coklat dan pinggang bgian kiri sring sakit… apa saya hamil d0k?

  • 65. leina  |  March 13, 2013 at 2:03 am

    salam, saya lewat haid 2 hari, sebelum ni alami bengkak payudara,perut kembung dan sakit pinggang serta loya.mgkin kah saya hamil.tapi kecewa bil keesokan harinya keluar darah sedikit..kenapa ya..mohon beri jwpan.

  • 66. ani  |  March 22, 2013 at 12:43 am

    slamat pagi bu..,
    saya mau tanya,kehamilan saya skr udah 6bln jalan mau 7bln,dan ada keluar bercak darah namun tidak terasa begitu sakit,apakah itu berbahaya ke janin saya,mohon penjelasan nya.
    trimakasih
    wasalam

  • 67. Komang  |  August 14, 2013 at 12:55 am

    Bu sy mau tanya.
    Pada usia kandugan sy sudh 4-5 bulan sy mnglalami flek kcokltan pda clna dlm.apakah krna slma ini sy bkrja dri pgi smpai jm 7 mlm atau krna satu minggu ini sy batuk2,sy tkut jika itu brbhya pda bayi sya.
    Mhon pnjlsanx..trims

  • 68. dermina  |  August 19, 2013 at 8:31 am

    bu bidan, saya uda perks k dokter tgl13/8 umur kehamilan saya 7minggu tp msh bentuk kantong, 4hari stlh prks ada bercak darah sprt darah kotor tp sedikit uda 3hari ini datang, jd yg mo sy tny apkh itu tdk brbhya bg janin saya, dan apkh kehamilan saya normal jika mash brbntuk kantong pd usia 7mingg. mohon jawabny bu bidan. n trimaksih

  • 69. Rama pratama  |  October 3, 2013 at 9:00 pm

    Aq mau nanya bu,istriku tlat datang bulan,seharusnya tiap tggl 15 dtg bulan,tp kali ini bdah,dia tlat 15 hri..pas tgl 2 bln 10 dia mkn durian mlmx t’jdi darah keluar dr veginanya..setitik drh beku..perutnya trasa skit..apakah it b’tnda dia hamil dan keguguran..tlng penjelasannya..ass

  • 70. rere fickryan  |  October 8, 2013 at 10:15 am

    bu bidan, saya hamil memasuki 2bln, sempat keluar flek selama 3hari dengan hari yg berbeda, rata2 flek kluar pagi hari setelah berhubungan intim malamnya. menurut yg saya baca di google itu msih wajar, dan saya memutuskan tidak lagi berhubungan dengan suami saya. namun seminggu kemudian flek darah coklat hilang. dan saya berkerja yg kebetulan setiap hari saya diantar jemput. namun satu hari itu saya pulang sendiri dengan badan agak lemas. dan beberapa hari sblmnya saya sering bangkis (flu) buat perut saya sakit ketika bangkis. dan setelah saya pulang dr kerja kemudian beristirahat tiba2 darah keluar dari vagina saya, darah seperti mens namun sempat keluar terus2 namun hanya 5menit dan kemudian keluar darah seperti ati ayam. namun sukar saya lihat bentuknya. karena hanya kental dan panjang saja. saya panik saya tlp suami saya. dan sampai skrng saya masih bingung, jika pendarahan memang bisa hanya 5menit dan keluar darah dan terahir darah kental tersebut yg saya jelaskan. apa saya keguguran bu bidan? apa pendarahan untuk 2bln hanya 5 sendok kiranya darah cair yg saya keluarkan dan terakhir darah kental panjang sekelingking. namun saya tidak mengalami keram perut yg berlebihan. biasa saja saat keluar darah tersebut.
    mohon penjelasanya.
    bu bidan

  • 71. Iis  |  October 25, 2013 at 10:19 am

    Saya dpt haid tgl 4 september 2013 lalu bln oktober saya ada flek dari tgl 11 oktober sampe skrng blm bres. Saya sudah tespack hasil nya positif. Sudah priksa ke dokter kandungn jg positif. knpa msh ada flek smpe saat ini. Bahaya atau tidak?

  • 72. kumcer(dot)com  |  November 10, 2013 at 2:06 pm

    terima kasih banyak buat infonya bu… membantu sekali…memang flek coklat itu banyak sekali penyebabnya… kebetulan saya juga buat artikela yang hampir sama, coba mampir ke blog saya ya

    http://www.klikharry.com/2013/11/08/mens-flek-coklat/

  • 73. rosi  |  February 4, 2014 at 8:20 am

    selamat siang..
    saya rosi, sekarang saya sdh hamil sudah 7 minggu. dalam minggu ini saya suka mengeluarkan bercak darah tp tidak membekas di celana dalam hanya keluar pada buang air kecil saja.
    rosi juga sudah kontrol ke dokter kandungan disuruh istirahat dn dkurangi aktivitas, tapi selama istiraht dirumah selama 3 hari jg masih tetap keluar.
    makanya saya jadi binggung, sehari paling keluar hanya 1 kali saja misal diwaktu dhuhur klau ga pas azhar.
    itu gmn solusinya?
    terima kasih

  • 74. indri  |  February 23, 2014 at 6:38 am

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ …
    Saya sedang hamil 12 minggu , wktu hari rabu sya keluar flek sedikit tapi wktu diperiksa ke dokter kandungan kata nya janinnya sehat n sudah terdeteksi jantungnya , tpi hari jumat sya mengeluarkan darah beserta gumpalan sprti ati tapi sdkt setelah itu brhnti sampe detik ni hny flek aja yg keluar , yg sy mau tnykan , apa msh sehat janin sy apa itu sdh dinamakan gugur . Smoga msh sehat calon bayi saya amin

  • 75. megarestikatanjung@yahoo.co.id  |  March 4, 2014 at 8:12 am

    assalam….
    saya sdg hamil 6 minggu, td pagi tiba2 ada flek coklat gitu. langsung ke dokter, dpt obt penguat. kemuadian fleknya brenti, tp ini tadi ke kamar kecil lahi kok ada coklat2 lg yah….
    apakah itu berbahaya untuk kandungan saya…?
    terimakasih

  • 76. kasandra  |  May 15, 2014 at 4:25 am

    saya hamil jalan 6blan tpi knpa ska kluar flek coklat cmpur darah apa bahaya atau tdk?

  • 77. nita  |  May 26, 2014 at 3:06 am

    ass bu bidan… saya hamil 6 w,kmarin saya mual-mual dan batuk (akibat mual) perut terasa ketarik… saya lemes dan pusing kemudian saya langsung tiduran… sorenya pas mau pipis saya keluar flek… saya khawatir bu krn ini kehamilan kedua saya setelah kehamilan pertama saya mengalami keguguran… setelah itu saya istirahat , meminimalisir aktifitas… alhamdulillah sudah tidak flek lagi…sampai sekrang saya masih istirahat drmh… kata dokter kalo flek sampai 3hari terjadi boaru diperiksakan… tp saya khawatir keadaanjanin saya?bagaimn mnurut bu bidan?

  • 78. hafis  |  June 11, 2014 at 3:15 am

    ass bu bidan istri saya telat udah tiga minggu di tes menggunakan tepeck hasilnya positif dan keluar flek coklat pada esok hari tepatnya pagi flek coklat masih keluar dan sorenya perut istri saya mules dan istri saya haid dan keluar gumpalan darah sebesar hati ayam.apakah yang terjadi pada istri saya buk bidan mohn bantuanya buk

  • 79. wulan123  |  July 22, 2014 at 10:49 am

    asalmualaiqum…..bu bidan sya hmil sudah memasuki 13 minggu….tapi tiba tiba sya ngeflek coklat tapi keluar nya jrang dan tdk trllu byak apa itu bisa mmpengaruhi kandungn sya bu ….?trmksh wasalm

  • 80. tiaradewi  |  August 12, 2014 at 3:30 pm

    Bu, umur saya 17tahun, saya sudah telat haid hampir 3 minggu. Haid saya terakhir kali pada tgl 1 Juli, saya sempat petting itu pada tgl 18-19 Juli dan Mr P pacar saya, dimasukkan di anus saya dan spermanya keluar didalam. Tp haid tidak kunjung datang, saya pikir mungkin saya stres, kemudian tgl 5 Agustus saya pun testpack, tp hasilnya negatif. Dan waltu itu haid pun blm datang jg. Ketika tgl 9 Agustus, saya flek tp warnanya merah agak coklat, dan itu kadang hilang timbul. Catatan, saya tidak permah terlamat haid selama itu, sampai hampir 3 minggu lamanya. Dan flek itu sedikit sekali yg keluar, san tgl 10 Agustus fleknya bukan warna merah kecoklatan lg, tp merah kepink2an, dan itu bercampur lendir. Tambahan dok, saya tidak mengalami gejala wanita hamil setelah petting dgn pacar saya, yang saya ingin tanyakan:1. Apakah saya hamil?2. Apakah ketika saya petting itu dalam masa subur?3. Saya sudah testpack pada tgl 5 Agustus, tp hasilnya negatif. Apakah testpack bisa tidak akurat?Jujur dok, saya bingung, karena setelah petting itu saya tidak mengalami mual muntah, tidak pusing lelahdan capek yg benar2 capek, dan PD saya juga biasa saja, lunak seperti tanda hamil pd umumnya. Tgl 11 Agustus saya testpack lg, muncul 1 garis merah tp satu garis yg sangat tipis, begitu saya liat lagi, ilang bu garis yg tipis samar2. Sekarang flek saya berhenti saya sempat olahraga dan tidak masalah hanya saja fleknya bertambah merah seperti serabut darah bu. Apakah saya hamil? Saya harus testpack lg? Apa bisa terjadi implantasi embrio ketika sudah 2 minggu lebih dr petting itu bu? Bagaimana bu?

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Cara Aman Memasak dengan Gas


Blog Ayahnya Anak2

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 50 other followers

