MERAWAT BAYI PREMATURE

April 14, 2009 at 3:31 am 7 comments

Satu dari 18 bayi terlahir prematur. Bayi prematur adalah bayi yang lahir pada usia kehamilan ibu kurang dari 36 minggu. Semua bayi prematur membutuhkan perawatan khusus, tetapi tidak semuanya perlu dirawat di ruang rawat intensif.

Kekuatan / tonus otot bayi prematur masih lemah dan ia tidak banyak bergerak. Mereka juga lebih mudah kekurangan kalsium dan zat besi, juga kadar gula darah yang lebih mudah turun. Kulitnya masih sangat merah dan keriput, kepalanya relatif lebih besar dibanding tubuhnya, tulang kepalanya teraba lunak, dan mereka lebih mudah menjadi kuning dan jika hal ini terjadi, dan bayi menjadi malas minum, segera bawa ke dokter. Memang sedih melihat tubuhnya yang begitu ringkih, tapi ibu tak perlu khawatir karena saat ini perawatan bayi prematur sudah amat modern.

Memberi nutrisi untuk si mungil

Bayi prematur perlu diberi susu lebih sering dibanding bayi cukup bulan karena mereka membakar kalori lebih cepat. Makin mungil tubuhnya, makin sering nutrisi perlu diberikan. Umumnya refleks hisap dan menelan sudah cukup baik pada bayi prematur dengan masa kehamilan > 34 minggu (berat lahir > 2000 gram), sehingga bayi dapat dicoba langsung menyusu pada ibunya. Telah dibuktikan bahwa bayi prematur lebih cepat belajar menetek dibanding minum dari botol. Bila refleks mengisap bayi sudah muncul, ia dapat langsung menetek pada ibu. Bila belum, susu diberikan dengan sendok khusus. Bila bayi belum ada refleks menelan atau amat lemah hingga tak bisa menelan, susu diberikan langsung ke saluran cernanya lewat selang. Untuk bayi yang sangat prematur atau sakit, nutrisi bisa diberikan lewat infus langsung ke pembuluh darah. Bayi prematur, disesuaikan dengan berat badannya, akan mendapatkan nutrisi secara bertahap tergantung kondisinya. Bila ia lahir amat kecil, bayi mendapat nutrisi bertahap mulai dari selang infus hingga akhirnya bisa menetek pada ibu. Agar ASI tersedia, ibu harus diajarkan cara memompa atau memerah ASI secara teratur dan yang paling penting adalah ibu tidak boleh stress, cukup istirahat dan makan. Ibu yang stress oleh karena bayi dipisahkan dari ibunya /dirawat di RS, dapat menghambat produksi ASI.
Mewaspadai gangguan pernapasan bagi si mungil

Apnea

Bayi prematur seringkali berhenti bernapas beberapa saat, disebut apnea. Apne sering ditemukan, terutama bila umur masa kehamilan di bawah 34 minggu. Oleh karena itu alat pantau sebaiknya dipasang sampai umur masa kehamilan mendekati 34 minggu.

Kebanyakan bayi bernapas kembali cukup dengan stimulasi seperti tepukan lembut di kakinya.

Sindroma Gawat Napas / Respiratory distress syndrome (RDS)

Bayi-bayi yang sangat kecil (lahir di bawah usia kehamilan 28 minggu) belum cukup memiliki surfaktan, suatu zat penting untuk menjaga paru-paru agar tidak menguncup. Paru-paru yang menguncup/kolaps tak bisa menangkap oksigen yang diperlukan untuk tubuh. Kondisi kekurangan surfaktan ini bisa menyebabkan penyakit membran hialin atau respiratory distress syndrome. Selama pernapasan bayi prematur belum normal, bayi akan mendapatkan bantuan oksigen, artinya bayi akan dirawat di tempat khusus yaitu Neonatal Intensive Care Unit (NICU)

SUMBER: .:bibilung:.

About these ads

Entry filed under: BALITA, KELAHIRAN. Tags: , , .

TIPS MERAWAT BAYI Penting, Kontrol Tekanan Darah Ibu Hamil

7 Comments Add your own

  • 1. Sugiharti  |  July 12, 2009 at 2:54 pm

    Artikel yg sangat bagus, dpt menambah pengetahuanku. Anak pertamaku lahir prematur 34 minggu berat 2150 gram panjang 49 cm.

  • 2. baso  |  January 7, 2010 at 2:58 pm

    Bayi saya lahir prematur usia 7 bulan 10 hari berat 1500 gram…
    yg ingin ditanyakan :
    1. brp persen peluang hidup ?
    2. Sumber nutrisi untuk membuat berat badannya agar cepat naik apa ?
    3. Apakah organ dalam bayi tsb tdk rentan thd penakit bawaan ?
    4. referensi bayi prematur bisa dishare ke email sy
    atas penjelasannya diucapkan terima kasih

    salam,

    baso

    1. wew… susah menjawab pertanyaan tentang presentase… sebaiknya lakukan perawatan sebaik-baiknya… biasanya bayi premature masih didampingi perawatan dari rumah sakit, setelah lepas dr rumah sakit lakukan perawatan sebagaiamana disarankan…
    2. nutrisi terbaik dari ASI… berikan nutrisi yang baik pada ibunya sehigga bisa menghasilkan asi dalam jumlah yang cukup dengan kualitas yang baik… (tips: butuhkan ketelatenan dari sang ibu untuk tetap memberikan ASI sebagai nutrisi terbaik dari susu formula apapun)
    3. memang bayi premature agak beresiko, berkan ASI yang cukup maka organ tubuh akan berkembang dengan baik
    4. referensi silakan membaca di blog ini atau di blog2 sejenis
    tq

  • 3. edna aryati  |  April 23, 2010 at 8:35 am

    alhamdulillah, artikel yang bagus sangat membantu saya yang memiliki anak prematur. Saya melahirkan bayi perempuan 2,24 kg di usia kandungan 35 minggu 5 hari.Bilirubinnya tinggi di hari ke 9 sampai 15,5 karena kurang minum.Sempat di bue light selama 2 hari.Yang selalu membuat saya was-was adalah berat badabta. sempat turun sampai 2 kg. Hari ini bayi saya berusia 24 hari dan saya belum tahu berat badannya sekarang.Adakah tanda yang signifikan secara visual jika berat badan bayi kurang dari 2 kg?

    alangkah baiknya jika berat badan bayi diukur dengan timbangan bayi supaya lebih akurat..
    secara visual ibu bisa liat dari gerakan bayi, cara menangis, dan secara umum motorik bayi cenderung kurang…
    jika ada keluhan bidan/dokter anak anda akan dapat membantu
    jangan lupa berikan ASI sebanyak2nya
    (jika ASI kurang silakan baca2 artikel di blog ini tentang ASI)
    http://bidansherly.wordpress.com/category/menyusui/

  • 4. raraemerald  |  September 7, 2010 at 2:43 pm

    untuk ibu2 yg melahirkan bayi prematur,jgn berkecil hati yg penting ibu harus merawatnya dgn sebaik baiknya,dan bertawakallah pd tuhan karna hanya dia yg maha tau apa yg terbaik untuk kita dan anak kita,kebetulan saya adalah seorang anak yg dilahirkan prematur,kata ibu saya waktu itu usia kandungannya baru 7 bulan,pd waktu itu dia pengen buang air kecil,stelah buang air kecil tiba2 perutnya sakit dan tanpa waktu yg lama ibu saya melahirkan janinnya keluar dgn masih berbungkus ari2…keluarga saya adalah keluarga sederhana yg tinggal di sebuah desa kecil jauh dr rumah sakit dan alat2 canggih waktu itu saya hanya di rawat di rumah seadanya,meskipun terkadang tubuh saya sebentar2 berubah warna dari merah hingga ke birubiruan ataupun kuning…namun dgn kasih sayang ibu saya yg luar biasa dan dgn pertolongan tuhan..alhamdulillah saya hidup hingga hari ini hingga usia saya menginjak 24 tahun dan alhamdulillah saya sehat dan jarang sakit.jd bagi ibu2 yg melahirkan bayi prematur ayo tetap semangat dan optimis.
    salam Rara emerald

  • 5. nermal singh  |  July 11, 2011 at 10:53 pm

    istri saya melahirkan bayi 24 minggu dan skrg anakku berada di ruang nicu.apakah anakku tsb masih ada harapan besar buat hidup?

    insyaAllah. banyak2 do’a pak

  • 6. dwi r  |  December 14, 2012 at 1:12 pm

    saat ni sya mlahirkan bayi premature dgn usia kandungan 7 bln 1 mnngu dgn brat 1,6 kg. ga bsa tnang dgn kndsinya sprti tu ! saat ni baby d rwat d rs 8 hri, kra kra msa prwatannya brapa lma ?

  • 7. whiteboxonline  |  February 6, 2013 at 6:58 am

    saya termasuk bayi prematur yang lahir 7 bulan, kata ibu saya dulu hanya berbobot 1,3 kilogram… alhamdulillah sampai sekarang saya sehat. semangat untuk para ibu yg mempunyai anak prematur, dan juga bersabar :) saya sekarang sudah 22 tahun.. kalau melihat anak prematur kadang2 sering ngeri membayangkan bagaimana dulu saya waktu bayi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Cara Aman Memasak dengan Gas


Blog Ayahnya Anak2

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 49 other followers

%d bloggers like this: