Methoda KB pada Pria

April 6, 2009 at 3:11 am 1 comment

KB Pria Di Indonesia
Ketua Umum PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) Prof. dr. Azrul Azwar, MPH, menilai penelitian yang tengah dikembangkan WHO sebagai terobosan dunia internasional dalam mengatur kelahiran di dunia.

Penelitian tengah dilakukan WHO segera akan dipublikasikan, namun kaum pria di Indonesia yang sudah siap menjadi akseptor KB sebaiknya menggunakan metode KB pria yang sudah ada dan populer di kalangan pria di tanah air, pesan Azrul.

Di Indonesia cara ber-KB pria biasanya dilakukan dengan cara pantang berkala, senggama terputus, kondom dan vasektomi. Pantang berkala adalah cara ber-KB yang sangat sederhana, cara yang dianggap sudah kuno, dimana pria/suami tidak melakukan hubungan seksual pada masa subur sang istri. Cara non medis ber-KB seperti ini umunya dilakukan oleh para suami yang memegang teguh keyakinan agamanya dan menganggap melakukan metode KB seperti ini tabu diceritakan kepada orang lain. Akibatnya tidak pernah terdata berapa jumlahnya.

Begitu juga dengan sanggama terputus, sama saja dengan pantang berkala. Cara ini menyebabkan sang suami untuk menumpahkan air maninya pada saat ejakulasi di luar alat kelamin istri pada masa subur. Sedangkan cara KB dengan kondom, mewajibkan pada waktu bersetubuh sang suami memakai kondom, terutama pada masa subur istri. Kondom akan berhasil sebagai alkon KB pria jika karet penyelubung penutup kelamin pria tersebut tidak mengalami kebocoran.

Metode vasektomi adalah cara ber-KB pria yang mantap, dimana saluran air mani (vas deferens) diputuskan sehingga sperma dari dalam testis tidak akan keluar bersama cairan mani lain pada saat bersetubuh. Pelaksanaannya dengan cara operasi medis yang sifatnya ringan, namun harus dilakukan oleh seorang dokter profesional dibidangnya.

Untuk pasangan suami istri yang ingin menunda atau menjarangkan kehamilan maka cara ber-KB dengan pantang berkala, senggama terputus dan kondom dinilai pakar medis cukup efektif oleh karena meskipun gagal, anak tetap masih diharapkan, sedangkan untuk mereka yang tidak menginginkan kehamilan lagi maka cara vasektomi merupakan cara yang paling baik

sumber: http://www.bkkbn.go.id

Entry filed under: KB. Tags: , , .

Ibu Hamil harus Rawat Gigi 12 Tanda Kehamilan

1 Comment Add your own

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Cara Aman Memasak dengan Gas


Blog Ayahnya Anak2

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Archives


%d bloggers like this: